9 Karakteristik Umum Wirausahawan Yang Berhasil

Menginspirasi.com – Seorang wirausahawan berhasil karena memiliki karakter tertentu, secara umum karakteristik wirausahawan yang berhasil memiliki beberapa ciri sebagai berikut:


Memiliki Motif Berprestasi Tinggi

Seorang wirausahawan yang berhasil dalam mengerjakan usahanya tidak asal-asalan, dia akan selalu berusaha memberikan yang terbaik sehingga menghasilkan nilai maksimal. Dorongan untuk selalu berprestasi tinggi harus ada dalam diri seorang wirausahawan karena dapat membentuk mental yang selalu lebih unggul dan mengerjakan segala sesuatu melebihi standar yang ada. 
Contoh motif berpestasi tinggi ini misalnya:

– Bill Gates, mempunyai ambisi untuk selalu menjadi yang pertama. Ketika kelas 4 saat menulis laporan sepanjang 4-5 halaman tentang bagian tubuh manusia, dia membuat laporan tersebut lebih panjang beberapa kali lipat. 

– Pengusaha yang selalu unggul dan menang dalam persaingan karena kreatif menciptakan produk baru yang berbeda dari waktu ke waktu.

Perspektif Ke Depan

Kesuksesan adalah sebuah perjalanan, bukan tujuan. Setiap saat mencapai target, sasaran, atau impian, maka dari itu segeralah membuat impian-impian baru yang dapat memacu serta memberi semangat dan antusiasme untuk mencapainya. Biasakan memiliki target, baik harian, bulanan maupun tahunan, entah peningkatan taraf hidup, tingkat keuntungan, mobil idaman, rumah baru, dan kantor baru.

Apapun impian atau target kita, kita harus menggunakan kata kunci SMART yaitu specific, measurable, achieveable, reality-based, dan time-frame. 

Kreativitas Tinggi

Wirausahawan pada umumnya memiliki daya kreasi dan inovasi yang lebih tinggi daripada orang yang tidak berwirausaha. Hal-hal yang belum terpikirkan oleh orang lain sudah terpikirikan olehnya dan wirausahawan mampu membuat hasil inovasinya menjadi permintaan. 

Perilaku Inovasi Tinggi 

Seorang wirausahawan harus segera menerjemahkan mimpi-mimpinya menjadi inovasi untuk mengembangkan bisnis. Jika impian dan tujuan hidup merupakan fondasi bangunan hidup dan bisnis, inovasi dapat diibaratkan sebagai pilar-pilar yang menunjang kukuhnya hidup dan bisnis. Impian harus selalu ditunjang oleh inovasi yang tiada henti sehingga bangunan hidup dan bisnis menjadi kokoh dalam situasi apapun, baik ketika menghadapi kesulitan dan tantatangan. 

Berkomitmen Terhadap Pekerjaan

Sering kali orang berhenti karena di antara sukses dan kegagalan. Namun, seseorang wirausahawan harus memiliki komitmen yang kuat dalam pekerjaannya karena jika tidak akan berakibat tidak berhasil terhadap segala sesuatu yang telah dirintisnya. 

Tanggung Jawab
Komitmen sangat diperlukan dalam pekerjaan sehingga mampu melahirkan tanggung jawab. Seorang wirausahawan selalu mengerjakan sesuatu dengan tepat waktu dan terukur, selalu jujur dan mengerjakan tugas sesuai dengan ketentuan, tidak suka meniru (mencontek) dan mandiri untuk mencapai keberhasilan. 

Kemandirian 

Usahahawan mengoptimalkan segala daya upaya yang dimilikinya sendiri. Intinya adalah kepandaian dalam memanfaatkan potensi diri tanpa harus diatur oleh orang lain. 

Berani Menghadapi Resiko

Semakin besar risiko yang dihadapinya, makin semakin besar pula kemungkinan dan kesempatan untuk meraih keuntungan yang lebih besar. Sebaliknya, semakin kurang berani menghadapi resiko, maka kemungkinan keberhasilan juga semakin sedikit. Tentu saja, risiko-risiko ini sudah harus diperhutungkan terlebih dahulu. 

Selalu Mencari Peluang 

Wirausahawan harus harus menciptakan sendiri peluang, yaitu dengan menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda, dan sesuatu yang lebih bermanfaat serta mudah digunakan. Dia harus mampu melakukan beberapa hal sekaligus dalam sekali waktu. Kemampuan inilah yang membuatnya piawai dalam menangani berbagai persoalan yang dihadapi oleh perusahaan. Semakin tinggi kemampuan wirausahawan dalam mengerjakan berbagai tugas sekaligus, semakin besar pula kemungkinan untuk mengolah peluang menjadi sumber daya produktif. 

Kehidupan ini penuh dengan berbagai peluang dan kesempatan untuk maju, bertumbuh dan berkembang. Banyak sekali rahasia kehidupan yang harus dipecahkan dan hal-hal baru yang diciptakan oleh umat manusia untuk memenuhi impian, dan membangun kenyaman hidup. 

Setiap perubahan yang terjadi dalam kehidupan adalah bagian dan proses alami untuk membantu kita dalam belajar, berubah, dan bertumbuh ke arah yang lebih baik. Sudahkan Anda berpikir bagaimana menciptakan nilai tambah dari apa yang sudah diciptakan oleh Tuhan? 
(Patrick)
Foto: Shutterstock
Referensi: Suryana. 2013. Kewirausahaan, Kiat dan Proses Menuju Sukses.