Teknik Pengembangan Usaha

Menginspirasi.com –  Berikut kami sajikan teknik pengembangan usaha menggunakan Ecomics of Scale dan Economic of Scope, referensi artikel ini dari Kewirausahaan. Suryana (2013).

Perluasan Skala Ekonomi (Economics of Scale)

Cara ini dapat dilakukan dengan menambah skala produksi, tenaga kerja, teknologi, sistem distribusi, dan tempat usaha. Ini dilakukan bila perluasan usaha atau peningkatan output akan menurunkan biaya jangka panjang, yang berarti mencapai skala ekonomi (economics of scale). Sebaliknya, bila peningkatan output mengakibatkan peningkatan biaya jangka panjang (diseconomics of scale), maka tidak baik untuk dilakukan. Dengan kata lain, bila produksi barang dan jasa yang dihasilkan sudah mencapai titik paling efisien, memperluas skala ekonomi tidak bisa dilakukan, sebab akan mendorong kenaikan biaya.

Perluasan Cakupan Usaha (Economic of Scope)

Economic of scope adalah diversifikasi usaha ekonomis yang ditandai oleh biaya produksi total bersama. Cara ini bisa dilakukan dengan menambah jenis usaha baru, produk, dan jasa baru yang berbeda dari yang sekarang diproduksi (diversifikasi) serta dengan teknologi berbeda. Misalnya usaha jasa angkutan kota diperluas dengan usaha jasa bus pariwisata.

(Patrick)