Sejarah 7 Lagu Rohani Natal yang Sering Didengar

Natal dikhususkan untuk merayakan kelahiran Sang Juruselamat, Yesus Kristus yang telah lahir ke dunia menjadi manusia. Saat natal menjelang, kita akan sering mendengar lagu natal. Lagu tersebut akan dinyanyikan ketika di gereja, ataupun di rumah.

 
Melalui artikel ini, Menginspirasi.com mengajak Anda mengenal 7 lagu natal yang sering diputar. Anda siap? Berikut adalah lagu-lagu tersebut:

Mendengarkan Lagu Natal/Freedigitalphotos.net
1. Joy To The World – Kesukaan Bagi Dunia
 
Jika selama ini anda berpikir bahwa, lagu Joy to the world untuk merayakan kedatangan Tuhan Yesus yang pertama kali. Ternyata, lagu yang ditulis oleh Isaac Watts ini untuk merayakan kemenangan Yesus pada akhir zaman. Seluruh dunia dipanggil untuk merayakan kemenangan tersebut untuk merayakan kesetiaan Allah kepada kaum-Nya yang telah berhasil membawa keselamatan. 
 
Joy to the world ditulis oleh Isaac Watts, merujuk kepada ayat pertengahan dalam Mazmur 98. Lagu ini pertama kali diperdengarkan tahun 1719 dalam album Isaac Watts. 
 
Joy to the world dinyanyikan ulang oleh Ruth Sahananya tahun 2015. Penyanyi internasional yang lebih dulu adalah David Morales dan Mariah Carey. 

 

2. White Christmas 
 
Lagu ini ditulis oleh Irving Berlin tahun 1960an seorang keturunan Yahudi, dimana beliau juga menulis 1500 lagu lainnya. Pagi hari setelah Irving Berlin menulis lagu ini, ia segera ke kantor dan memberi tahu sekretaris musiknya untuk mengambil pena dan mencatat lirik lagu white christmas, Irving berkata kepada sekretarisnya bahwa dia baru saja menulis lagu terbaik yang belum pernah ditulis oleh orang lain. 
 
Lagu white chritmas mengisahkan tentara perang dunia ke-2 bersama dengan keluarga yang sedang menunggu kepulangan mereka dari
 
Dari tahun 1960an sampai sekarang, lagu ini tetap dinyanyikan di berbagai belahan dunia. Penyanyi dari Indonesia yang menyanyikan lagu ini adalah Anggun yang berduet bersama Luca Barbarossa dan dicover ulang oleh Billy Simpson. 
 
3. Hark! The Herald Angels Sing – Gita Sorga Bergema

Lagu ini ditulis oleh Charles Wesley yang dipublikasikan tahun 1739. Charles Wesley merupakan saudara dari John Wesley pendiri gereja metodis. 


Gita sorga bergema sering dibawakan oleh paduan suara gereja ketika natal menjelang. Isinya bercerita tentang sukacita karena kelahiran Sang Juruselamat. 


Penyanyi yang pernah menyanyikan lagu ini adalah Celtic Woman dan Pentatonix. Kemudian dalam versi bahasa Indonesia, dinyanyikan bersama oleh Angel Pieters, Citra Scholastika, Novita Dewi, dan Regina. 


4. Mary Did You Know


Lagu ini ditulis oleh Mark Lowry dan Buddy Greene. Lagu klasik yang awalnya direkam oleh artis rohani bernama Michael English dalam album solo tahun 1991, kini menjadi lagu natal klasik yang modern, dinyanyikan oleh banyak penyanyi dari berbagai dekade. 


Mary did you know versi Cee Lo Green menjadi versi yang sering kita dengarkan, menjadi penutup dalam film Son of God (Anak Allah). 


Secara umum, mary did you know menceritakan tentang pertanyaan kepada Ibu Yesus apakah ia menyadari bahwa anaknya akan melakukan hal-hal yang besar selama hidup dalam dunia, termasuk berjalan di atas air dan menyelamatkan manusia, seperti yang terkandung dalam lagu tersebut. 


5. Jingle Bells – Ding dong ding 


Jingle Bells ditulis oleh James Lord Pierpont (1822–1893). Meskipun sekarang menjadi lagu natal, namun sebenarnya lagu ini ditulis untuk merayakan hari pengucapan syukur di Amerika Serikat. 


Awalnya lagu ini dipublikasikan dengan judul “One Horse Open Sleigh” pada musim gugur 1857. Tahun  1859 dicetak ulang dengan judul “Jingle Bells, or the One Horse Open Sleigh.”


6. O Holy Night – Malam Kudus
 
Lagu O Holy Night populer dinyanyikan oleh Mariah Carey. Salah satu penyanyi di Indonesia yang pernah menyanyikan lagu ini adalah Serena.

O holy night ditulis oleh Adolphe Adam tahun 1847 dalam bahasa Perancis. Lainnya dinyanyikan dalam bahasa Inggris, Korea, termasuk Bahasa Indonesia berjudul malam kudus. 


7. Silent Night – Malam Kudus


Pertama kali dipertunjukkan dalam perayaan natal tahun 1818 di gereja  St Nicholas Parish. Silent night ditulis oleh Joseph Mohr, dan musik oleh Franz Xaver Gruber. 


Lagu ini direkam ulang oleh penyanyi lainnya seperti Mariah Carey, Jackie Evanco dan dinyanyikan live oleh Kelly Klarkson. 


Novita Dewi, Judika, Citra Scholastika, Regina, dan Nowela pernah menyanyikan lagu ini dalam bahasa daerah masing-masing yaitu Batak, Jawa, Manado, dan Papua dalam natal sebuah acara TV swasta. 


Saran artikel: 5 Lagu yang Sering Diputar Saat Natal