ads

Buku Rekomendasi untuk Belajar Grammar

Foto: Freedigitalphotos.net

Hi guys, how are you today? I hope, you are well. I am writing about the recommended books to learn English. We need to learn English. This era, we are facing many things in English, movies, book readings, news on the internet, and English for education. 

Karena paragraf pembuka di atas dalam Bahasa Inggris. Kali ini, saya berbicara mengenai buku Bahasa Inggris yang saya rekomendasikan untuk dipelajari, agar kemampuan Bahasa Inggris kita semakin baik. Buku yang akan saya rekomendasikan cocok digunakan untuk belajar sendiri. 

Buku yang saya rekomendasikan adalah buku yang ditulis oleh Betty Schramfer Azar dan Stacy A. Hagen. Buku yang ditulis Azar dan Hagen terdiri dari tiga level, disesuaikan dengan kemampuan Bahasa inggris yang kita miliki. Tingkatannya adalah beginning, intermediate, dan advanced. 

Saya mengoleksi ketiga buku Azar tersebut dalam versi full Bahasa Inggris. Saya sedang menyelesaikan buku level intermediate.

Ketiga buku Azar memiliki versi Indonesia, kekurangan versi Indonesia adalah tidak memiliki Answer Key dan Kaset CD untuk mengerjakan soal listening. Buku versi Indonesia mudah kita temui di toko buku, namun versi full Bahasa Inggris sedikit sulit ditemukan, namun untuk versi Bahasa Inggris full bisa ditemui di Gramedia dan toko online.  

Sebaiknya kamu membeli buku full Bahasa Inggris. Buku full Bahasa Inggris memiliki kunci jawaban untuk belajar sendiri, serta kaset CD untuk belajar bagian listening. Lebih mahal dari versi Indonesia, tapi lebih lengkap. 

Berikut adalah ketiga level buku yang ditulis oleh Betty Schramfer Azar dan Stacy A. Hagen.

dxschool.org/grammar/

Beginning – Basic English Grammar

Judul buku level beginning adalah Basic English. Cover buku Basic English Grammar berwarna merah, setiap judul dan exercise dalam buku berwarna merah. Juga, buku ini banyak menggunakan gambar, dibandingkan dengan buku level intermediate dan advanced.

Saya membeli buku level beginning selesai menamatkan sekolah menengah atas. 

Basic English grammar memuat materi-materi dasar Bahasa Inggris, seperti using be, perubahan bentuk verb dalam Bahasa Inggris, noun and pronouns, modals, possessives, making comparisons. Memiliki 16 chapters. 

Pada halaman terakhir buku, terdapat tempat untuk menyimpan kaset, seperti amplop. Tempat menyimpan kaset tersebut, sangat rapi dan tidak mudah sobek. Amplop berguna untuk menyimpan kaset dengan mudah, dan kaset tidak mudah hilang, karena disimpan di buku Basic English Grammar sendiri. 

Intermediate – Fundamentals of English Grammar

Fundamentals of English Grammar adalah buku pengembangan kemampuan untuk kemampuan Bahasa Inggris menengah kebawah dan menengah.

Pondasi belajar buku level intermediate adalah pendekatan berbasis grammar, terintegrasi dengan metodologi komunikatif untuk pengembangan semua kemampuan Bahasa dengan cara berfariasi. 

Dalam buku ini, kita mempelajari tentang perubahan bentuk kalimat dalam Bahasa Inggris, bertanya, kalimat pasif, geround and infinitifes, noun clause, dan masih banyak lagi. Ada 12 bab dalam buku Fundamentals of English Grammar. 

Menurut saya, buku fundamentals of English Grammar selevel dengan materi pelajaran yang diterima ketika kursus di English First level 4. 

Sebelum belajar level advanced – buku Understanding and Using English Grammar, sebaiknya kuatkan pondasi di buku level intermediate ini. Saya mencoba mempelajari beberapa bab dalam buku level advanced, namun saya sedikit kesulitan. Oleh karena itu, saya kembali mempelajari buku level intermediate. 

Belilah buku level intermediate dalam versi full Bahasa Inggris, didalamnya ada kunci jawaban dan kaset CD, dimana kita bisa belajar sendiri. 

Advanced – Understanding and Using  English Grammar

Saya memandangnya sebagai buku persiapan untuk memiliki kemampuan menulis seperti Bahasa Inggris formal yang kita temukan dalam website berita The New York Times, BBC, dan terutama Bahasa Formal Bahasa Inggris yang digunakan dalam jurnal penelitian.

Mempelajari level advanced akan sangat berguna untuk persiapan S2. Terutama untuk memahami literatur dalam Bahasa Inggris. 

Seperti yang saya tulis di paragraf ke 15 di atas, saya sedikit kesulitan mempelajari level advanced karena pondasi saya kurang kuat di level intermediate (Belum selesai saya pelajari), sehingga saya kembali mempelajari level intermediate. 

Beli sekarang, buku Understanding and Using English Grammar – Betty Schrampfer Azar.

Itulah buku belajar Bahasa Inggris yang saya rekomendasikan,  ditulis oleh Betty Schramfer Azar dan Stacy A. Hagen. 

ads