ads

Cara Promosi Gratis Blog dengan Line Today

Baca dengan teliti sahabat blogger, cara ini bisa membantu menaikkan pengunjung blog kamu, mungkin kamu sedang frustasi karena pengunjung blog tidak seberapa, tidaklah masalah, karena kita harus belajar dari kegagalan sebelumnya, dan belajar terus-menerus. 


Melalui tulisan ini, saya ingin berbagi kepada blogger Indonesia bagaimana sesi tampilan pengunjung blog saya mencapai 4612 hanya dalam tiga hari setelah salah satu tulisan saya diberitakan oleh Line Today, dan menjadi artikel populer pada 14 Desember 2016.

Line memiliki pengguna 90 juta di Indonesia, potensi datangnya banyak pembaca ke blog. 

Perhatikan ketiga gambar di bawah ini.

Artikel Saya Diberitakan di Line Today dan Menjadi Artikel Populer
Jumlah Pengunjung Selama Tiga Hari Setelah Artikel Saya Diberitakan Line Today
Statistik Blog di Google Analytics 

Jumlah pengunjung blog menginspirasi.com selama 3 hari setelah artikel saya diberitakan dream adalah 3.926 orang, dengan total pengunjung dari dream 345. 345 orang tersebut tidak hanya membaca artikel asli di blog saya, yaitu ‘Inspirasi Bapak Tukang Parkir’. Namun, mereka juga membaca artikel lainnya, sehingga menjadi salah satu penyumbang jumlah tampilan blog sebanyak 4.612.

Line Today adalah satu kanal milik Line messenger yang menampilkan berita dari berbagai situs berita besar di Indonesia. Salah satu sumber berita yang ditampilkan oleh Line Today adalah dream.co.id.

Dream.co.id memiliki kanal ‘Community’ yang memberikan kesempatan kepada blogger untuk mempromosikan blog dengan gratis. Berguna untuk menaikkan pengunjung blog. 

Pembaca berita ingin mengetahui sumber dan penulis artikel yang sedang viral. Sehingga mereka melakukan klik sampai tiba di sumber pertama tulisan. 

Gambar berikut menunjukkan alur bagaimana pembaca menuju blog saya, berakibat pada kenaikan tayangan laman.

Tanggal 11 Desember 2016, saya mengirim email kepada komunitas dream.co.id, agar memposting artikel saya mengenai Bapak juru parkir di Jogja, tanggal 14 barulah diberitakan oleh dream, lalu diberitakan oleh Line Today.

Saya akan berbagi bagaimana mengirim email ke website besar di Indonesia, agar tulisan kamu bisa ditampilkan oleh mereka, blogmu akan dipromosikan secara gratis.


Tulis Email Profesional

Ini adalah salah satu kunci terbesar agar blogmu dipromosikan oleh situs seperti dream.co.id. 

Tulis email dengan hati-hati menggunakan bahasa Indonesia yang baku, supaya kamu mendapat kesan awal yang profesional dari editor. 

Berikut adalah screenshot email yang saya tulis kepada komunitas dream.co.id, klik gambar untuk memperbesar.
Perhatikan dengan seksama cara saya menulis email pada foto di atas. 

Email dikirim ke komunitas@dream.co.id. Subjek email adalah judul artikel blog. 

Pada nomor 1 terdapat salam pembuka, saya lebih sering menggunakan salam pembuka dalam bahasa Inggris, daripada bahasa Indonesia saat mengirim email ke website berita.

Nomor 2, yaitu isi email yang langsung pada intinya. Mengirim email untuk mempromosikan blog sedikit berbeda dengan mengirim email lamaran pekerjaan. Untuk email mempromosikan blog, saya selalu langsung pada intinya, tidak perlu memperkenalkan diri, mendeskripsikan isi blog dengan panjang lebar. 

Perlu diketahui bahwa seorang editor memiliki pekerjaan yang sedikit berat, membaca banyak email yang masuk, lalu membaca lagi isi blog kamu. Mereka ingin langsung mendapat inti dari email yang kamu kirimkan.

Selain itu, editor website berita bisa mengetahui secara lengkap profil kita dari ‘About’ dan ‘Portofolio’ yang tercantum di blog.  

Nomor 2 mengandung kalimat pembuka, yaitu “Berikut adalah tulisan saya di blog yang saya rekomendasikan untuk diposting di dream.” Berikutnya, paragraf yang saya copy-paste dari tulisan saya di blog. 

Nomor 3, yaitu link postingan blog. Jangan sampai lupa memasukkan ini. 

Nomor 4, berupa salam penutup. 

Nomor 5 yaitu signature. Buat signature dengan profesional. Urutannya adalah nama, nomor telpon, alamat email, alamat rumah, dan alamat blog. 

Nomor 6 adalah foto yang akan ditampilkan oleh Dream.co.id di postingan mereka. 
Untuk tahap mengirim email sudah saya jelaskan. 

Konten adalah Raja

Inilah kunci utama agar blogmu dipromosikan oleh dream.co.id dan Line Today. Kunci utama adalah artikel yang bagus. 

Konten adalah raja, penguasa dalam sebuah blog, tujuan utama pengunjung datang ke blog, bukan untuk melihat tampilan blog yang bagus, tapi membaca isi blog, yaitu artikel. 

Artikel yang diberitakan oleh Line Today dan Dream.co.id berjudul ‘Inspirasi Bapak Tukang Parkir.’  Saya menulis pengalaman nyata saya berbicara dengan seorang juru parkir di Yogyakarta. 

Mengapa artikel tersebut diposting oleh Dream? Artikel tersebut akan membuat pembaca terinspirasi dan kaget bahwa seorang juru parkir memiliki anak lulusan S2 Australia dan sedang menempuh kuliah S3 di Jerman.

Setelah editor Dream menerima email saya, kemudian editor dream mengedit tulisan saya, termasuk judul dan kalimat dalam artikel saya, tanpa mengubah makna artikel. 

Tiga hari kemudian, dream memposting tulisan yang sudah diedit, lalu Line Today mempostingnya juga. 

Hasilnya adalah tulisan saya menjadi artikel ‘Populer’ di Line Today.

Melalui dream.co.id share telah dilakukan sebanyak 16.400 kali oleh pembaca.

Sementara menjadi artikel populer, dan share sebanyak 16.400 kali, maka pengunjung ke blog saya juga bertambah mencapai 3926. Dampak lainnya, penghasilan saya dari Adsense juga bertambah cepat, saya tidak bisa menunjukkan penghasilan saya selama tiga hari dari Adsense, berhubungan dengan perjanjian kontrak.

Kesimpulan

Salah satu cara untuk menaikkan pengunjung blog adalah bekerja sama dengan website besar di Indonesia, salah satunya Dream.co.id yang bekerja sama dengan Line Today. 

Agar blog kita diterima oleh website besar tersebut, maka seorang blogger harus memperhatikan teknik mengirim email. Paling utama, membuat artikel terbaik.  

ads
ads