Dear Blogger, Chitika Bekerja Sama dengan Google Ad Exchange

Tanggal 21 November 2016, saya mendapat email dari Chitika, yang menyatakan bahwa Chitika telah bekerja sama dengan Google Ad Exchange untuk menampilkan iklan di blog atau website. 


Sebagai blogger kamu pasti memahami bisnis periklanan yang ditawarkan oleh Google untuk blogger, yaitu Google Adsense. Adsense bersaudara dekat dengan Ad Exchange. Chitika memiliki kesamaan dalam hal periklanan dengan Google untuk menawarkan iklan di blog.

Melalui Ad Exchange seorang publiser/blogger memiliki akses penuh untuk mengontrol setiap iklan yang muncul di blog, serta akses untuk berinteraksi dengan pengiklan dari perusahaan besar lebih dekat, jika dibandingkan dengan Adsense. 

Dampak dari kerja sama Chitika dan Ad Exchange adalah iklan yang ditampilkan di blog seharusnya sama dengan iklan Adsense pada umumnya. 

Saya mencoba memasang kode iklan Chitika di blog pada sebelah kanan selama 22 hari untuk mengetahui apakah setelah Chitika bekerja sama dengan Ad Exchange maka iklan juga akan berubah. 


Hasilnya, memang terjadi perubahan, yaitu iklan yang muncul adalah iklan gambar tidak seperti iklan Chitika selama ini yang banyak mengeluarkan iklan teks www.Answered-Questions.com atau facebook, dalam bentuk iklan teks berwarna hijau. Anda bisa membacanya di postingan saya pada tahun 2013 berikut mengenai iklan Chitika:

1. Benarkah Iklan Chitika Hanya Teks Saja Di Blog Indonesia? Tidak!

2. Tampilan Baru Chitika Di Blog Indonesia

3. Perubahan Tampilan Chitika Di Blog Indonesia

Sayangnya, selama saya memasang iklan Chitika selama 22 hari, hasilnya tidak sesuai dengan harapan. Iklan yang muncul selalu sama yaitu iklan banner dari United Way, tidak seperti iklan yang ditampilkan oleh Adsense atau Ad Exchange yang disesuaikan dengan minat pembaca.

Perhatikan screenshoot blog menginspirasi.com berikut yang dilingkari berwarna merah:

Setelah mengetahui perubahan iklan Chitika yang tidak sesuai dengan harapan, maka saya mengambil keputusan untuk menghapus iklan Chitika dari blog ini. Dengan demikian, saya tetap menjatuhkan pilihan pada Adsense, saudara Ad Exchange.

Jika kamu memiliki blog berbahasa Inggris, Chitika cocok kamu gunakan sebagai sumber penghasilan dari menulis blog.