ads

Kamera Nikon DSLR dan Prosumer Terbaik untuk Pemula

Foto: Nikonusa.com

Berbicara tentang kamera tentu tidak akan ada habisnya karena jenis dan tipe kamera saat ini sangat beragam. Namun dari sekian banyak jenis kamera yang ada, bisa dikatakan jika kamera DSLR dan Prosumer adalah dua jenis kamera yang cukup populer di kalangan pemula karena memiliki kelebihan masing-masing yang sulit ditemui pada kamera jenis lainnya. Jadi sebelum kita me-review tentang spesifikasi dan harga kamera Nikon DSLR dan Prosumer terbaik yang ada, sebaiknya kita mengulas terlebih dahulu perbedaan mendasar dari ke-2 jenis kamera ini, berikut ulasannya:

Perbedaan Mendasar dari kamera DSLR dan Prosumer

1. Perbedaan jenis lensa

Perbedaan paling mendasar yang pertama datang dari segi lensa yang digunakan. Pada kamera Prosumer Anda akan mendapatkan kamera dengan lensa yang tidak dapat diganti-ganti, hal ini tentu berbeda dengan kamera DSLR yang mana memiliki lensa terpisah sehingga dapat diganti sesuai kebutuhan.

2. Perbedaan setting

Kamera Prosumer pada umumnya memang memiliki bentuk dan fitur yang hampir sama dengan kamera DSLR. Namun yang membedakannya adalah pada kamera Prosumer Anda tidak bisa melakukan pengaturan secara full otomatis selayaknya yang tersedia pada kamera DSLR. Bahkan sebagian besar kamera Prosumer tidak memiliki ring lens manual fokus sehingga Anda hanya dapat mengatur manual fokus melalui tombol-tombol yang disediakan.

3. Perbedaan harga

Perbedaan paling mendasar yang terkahir adalah dari segi harga. Harga kamera Prosumer sendiri bisa Anda dapatkan dengan lebih murah daripada kamera jenis DSLR. Hal inilah yang terkadang membuat para konsumen memutuskan lebih memilih Prosumer daripada DSLR.

Dari 3 perbedaan paling mendasar tersebut tentunya Anda sudah bisa mengetahui apakah kamera yang Anda butuhkan adalah kamera Prosumer atau kamera DSLR. Oleh karena itu agar tidak salah memilih tipe kamera yang ada, pada ulasan selanjutnya akan dibagikan informasi seputar spesifikasi dan harga kamera Prosumer dan DSLR terbaik yang bisa dijadikan pilihan paling tepat, berikut ulasannya:

Camera DSLR Nikon Terbaik untuk Pemula

Nikon D5300 Kit/Foto: Bhinneka.com

1. Spesifikasi dan harga kamera Nikon D5300

Kamera DSLR terbaik yang pertama adalah Nikon DSLR D5300. Kamera yang diciptakan untuk pemula ini memiliki fitur dan spesifikasi yang cukup mumpuni guna memenuhi kebutuhan fotografi Anda. Terlebih pengaturan didalmnya pun tidak serumit kamera DSLR lainnya, lalu yang tak kalah pentingnya harga kamera ini masih cukup terjangkau.

• CMOS 24.2 megapiksel dengan kemampuan 5 fps

Salah satu kelebihan dari kamera DSLR Nikon D5300 ini adalah hadirnya sensor CMOS yang cukup besar, yaitu 24,2 megapiksel. Bahkan kamera ini juga mampu mengambil gambar hingga 5 frame per second dengan resolusi maksimal. Kedua hal tersebut tentu menjadi salah satu daya tarik tersendiri, terlebih bagi fotografer pemula yang membutuhkan kamera dengan hasil gambar berkualitas dan stabil.

• 39-Point Autofocus

Kelebihan lainnya yang ditawarkan oleh Camera Nikon D5300 adalah hadirnya fitur 39-point autofocus yang memungkinkan Anda menangkap setiap detail dari gambar yang dihasilkan. Tidak hanya itu, dengan fitur ini pula Anda dapat menangkap fokus dari suatu objek secara cepat sehingga sangat cocok untuk digunakan media belajar berbagai teknik fotografi.

• LED Screen yang bisa diubah posisinya

Untuk semakin memudahkan aktifitas fotografi Anda, kamera ini juga sudah dilengkapi dengan screen LED yang bisa diubah posisinya hingga 170 derajat. Dengan kelebihan ini pula Anda bisa mengambil gambar dari berbagai angle sulit sekalipun.

• Kesimpulan dan harga

Camera Nikon D5300 memang diciptakan khusus untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang baru mempelajari dunia fotografi. Harga kamera Nikon D5300 pun sangat terjangkau, yaitu hanya Rp. 6.500.000.

2. Spesifikasi dan harga kamera Nikon D3300

Nikon D3300 Kit/Foto: Bhinneka.com

Kamera DSLR selanjutnya yang cocok digunakan oleh pemula adalah Camera Nikon D3300. Kamera DSLR dengan harga yang lebih terjangkau ini menjadi salah satu kamera favorit para fotografer pemula.

• Sensor tangguh 24 megapiksel

Sensor CMOS yang digunakan pada Camera Nikon D3300 ini memang tidak memiliki perbedaan yang signifikan dari Nikon D5300. Jadi dapat disimpulkan jika kedua kamera DSLR ini menawarkan pengalaman memotret yang sama baiknya, terlebih untuk para pemula yang baru belajar menggunakan kamera DSLR.

• Fitur ‘Guide’ yang siap membantu Anda

Pihak produsen Nikon tampaknya benar-benar menciptakan kamera DSLR ini untuk para pemula. Hal ini terlihat dari disematkannya fitur ‘Guide’ yang sangat lengkap sehingga Anda bisa mempelajari seluruh fitur yang ada di kamera ini secara otodidak. Bahkan selain memiliki fitur ‘Guide’, kamera ini juga memiliki pengaturan manual yang sangat mudah dan praktis sehingga dijamin Anda tidak akan kesulitan mengoperasikannya.

• Kesimpulan dan harga

Bagi Anda yang ingin mepelajari fotografi mulai dari nol rasanya Camera Nikon D3300 dapat menjadi jawaban yang paling tepat. Selain menawarkan fitur dan pengaturan yang praktis, harga kamera ini juga dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau, yaitu hanya Rp. 5.400.000.

Camera Prosumer Nikon Terbaik untuk Pemula

1. Spesifikasi dan harga kamera Nikon Prosumer B500

Setelah membahas kamera DSLR, maka kini kita akan beralih pada jenis kamera Prosumer terbaik dari Nikon. Kamera pertama yang akan diulas adalah Nikon B500 yang merupakan salah satu kamera Prosumer paling cocok untuk pemula.

• Sensor 16 megapiksel dengan 40x optical zoom

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, lensa dengan kemampuan zoom yang jauh memang menjadi salah satu kelebihan dari kamera Prosumer. Bahkan pada Camera Nikon B500 ini Anda dapat menikmati lensa dengan kekuatan optical zoom mencapai 40x yang tentunya memungkinkan Anda mengambil gambar suatu objek dari jarak yang jauh sekalipun. Kemudian untuk sensor yang digunakan memang tidak terlalu besar, hanya 16 megapiksel.

• LCD Screen yang bisa diubah posisinya

Kelebihan lain yang ditawarkan dari Camera Nikon B500 adalah LCD screen yang bisa diubah posisi kemiringannya. Dengan LCD semacam ini tentunya Anda bisa mengambil gambar dari angle yang sulit dengan mudah. Jadi bisa dikatakan jika kamera ini memang cocok digunakan bagi pemula yang ingin belajar memotret apapun.

• Kesimpulan dan harga

Apabila Anda mencari kamera basic dengan harga terjangkau sebagai alat belajar fotografi pertama Anda maka Nikon B500 bisa menjadi pilihan. Harga yang ditawarkan oleh pihak Nikon untuk kamera ini adalah Rp. 3.400.000.

2. Spesifikasi dan harga kamera Nikon Coolpix L340

Kamera Prosumer selanjutnya yang bisa Anda pilih adalah kamera Nikon L340. Harga kamera ini hadir dengan nominal yang lebih murah dari Nikon B500 namun tetap memiliki spesifikasi mumpuni untuk pemula.

• Sensor 18 megapiksel dengan 28x optical zoom

Camera Nikon L340 menawarkan sensor yang cukup besar untuk ukuran kamera prosumer, yaitu 18 megapiksel. Lalu untuk lensanya juga sudah dilengkapi dengan kemampuan 28x optical zoom yang cukup untuk mengambil gambar dari jarak lumayan jauh. Walaupun kemampuan zoom yang dimiliki tidak sebaik Nikon B500 namun kamera ini juga tetap cocok Anda gunakan sebagai media belajar fotografi outdoor dengan jarak menengah yang tidak terlalu jauh.

• Fitur VR Stabilization

Sebagai kamera yang memiliki kemampuan zoom tinggi maka resiko blur saat mengambil gambar juga akan semakin besar. Oleh karena itu pihak Nikon membenamkan fitur VR Stabilization pada kamera ini yang memungkinkan Anda untuk dapat mengambil gambar dari jarak jauh tanpa blur dan noise yang mengganggu.

• Kesimpulan dan harga

Jika Anda memiliki budget yang tidak terlalu besar maka Camera Nikon L340 ini dapat menjadi pilihan paling tepat karena sudah memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni dengan harga kamera yang sangat murah, yaitu hanya Rp. 2.500.000.

Demikianlah review yang dapat dibagikan tentang spesifikasi dan harga kamera DSLR dan Prosumer terbaik yang dapat Anda pilih. Dengan ulasan ini diharap Anda tidak lagi bingung dalam membedakan dan memilih antara jenis kamera DSLR atau Prosumer, semoga bermanfaat.

ads
ads