ads

Inilah Alasan Obama Memilih Hotel Tentrem Yogyakarta, Serta Dampaknya Bagi Hotel

Foto: pikiran-rakyat.com

Guys kalian pasti sudah tahu, kunjungan Barack Obama ke Bali. Setelah mengunjungi Bali, Obama, keluarga, dan rombongan melanjutkan berwisata ke Yogyakarta.

Selama berada di Yogyakarta, rombongan Obama menginap di hotel Tentrem Yogyakarta dari tanggal 28-30 Juni 2017.

Obama menyewa belasan kamar, salah satu jenis kamar yang disewa adalah presidential Suite untuknya bersama keluarga.

Saya kutip dari detikFinance (29/6/2017), pemilik Hotel Tentrem, Irwan Hidayat, mengatakan bahwa, “Kalau presidential suite, published rate sekitar Rp 30 jutaan per malam. Gede sekali, seperti rumah. Kalau yang lain, ada yang Rp 3 juta, ada yang Rp 4 juta.”

Lebih lanjut, Presidential suite memiliki ukuran kurang lebih 270 meter persegi. Fasilitas yang ditawarkan antara lain, ruang makan, dapur, spa, ruang tamu, ruang keluarga, serta tak ketinggalan kamar tidur. Terdapat 7 ruangan dalam presidential suite di Hotel Tentrem.

Alasan Obama Memilih Hotel Tentrem

Dino Patti Jalal ketua Persatuan Diaspora Indonesia memilih Hotel Tentrem karena lokasinya dekat dengan Jalan Malioboro dan bandara. Selain itu, hotelnya juga representantif.

Hotel Tentrem memiliki Presidential Suite yang luas dengan fasilitas yang nyaman. Kemudian, hotel Tentrem memiliki identitas budaya Indonesia.  Hotel Tentrem juga pernah mendapat kepercayaan dari mantan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, yaitu Robert Blake Jr. dan Melinda Gates, istri Bill Gates sebagai tempat menginap. Bisa jadi hal tersebut adalah alasan lain Obama memilih tinggal di Hotel Tentrem.

Dampak Obama Terhadap Citra Hotel

Menurut saya, menginapnya Obama di Hotel Tentrem tentu saja akan menaikkan citra Hotel Tentrem. Sekaligus promosi gratis, ini karena wartawan dari berbagai negara menyorot segala hal yang berkaitan dengan wisata yang dilakukan Obama dan keluarga selama di Indonesia.

Perhatikan bagaimana wartawan menyorot Obama menginap di Four Seasons Resort Bali. Mulai dari fasilitas yang didapatkan, hingga tarif per malam. Begitu juga dengan Hotel Tentrem, pasti disorot oleh wartawan dari berbagai negara.

Seperti biasa, saya mendapat email setiap hari dari google trends, mengenai kata kunci paling dicari di google dalam sehari. Email tersebut menunjukkan bahwa kata kunci yang paling dicari di mesin pencari milik Larry Page tersebut adalah “Hotel Tentrem.”

Dampaknya adalah orang yang ingin berkunjung ke Yogyakarta, lebih cenderung pertama kali memilih Hotel Tentrem untuk menginap dibanding hotel lain yang sejenis, berbintang lima di Yogyakarta.

Demikian analisa ringan dari saya, bagaimana menurut Anda?

ads
ads