ads

Tips Mencari Kerja dengan Aman Bagi Fresh Graduate

Bukan rahasia lagi bahwa sekarang ini semua industri penuh dengan berbagai jenis penipuan. Dunia lowongan kerja bukan kekeculiaan. Oleh karena itu, bagi mereka yang belum pernah bekerja, sangat penting untuk berhati-hati saat memulai karirnya. Perwakilan agregator lowongan kerja internasional yaitu Jooble, berbagi (sharing) beberapa tips bagaimana cara menemukan pekerjaan dengan aman.

Hari ini, setiap orang dapat menemukan pekerjaan dengan satu klik secara gampang dan cepat. Di jaringan internet terdapat ribuan situs lowongan kerja dimana Anda dapat menemukan berbagai jenis lowongan kerja dari bermacam-macam industri. Namun, situs-situs terbesar tidak bisa mengontrol kualitas semua lowongan yang masuk ke dalam system mereka oleh karena adanya istilah user generated content.

Disinilah muncul mesin telusur khusus, yaitu agregator lowongan kerja yang bertujuan untuk menyatukan dan mengumpulkan semua lowongan kerja yang terdapat pada semua situs lowongan kerja di dunia. Sekarang ini, setiap agregator biasanya bergerak di bidang tertentu dengan mengkhususkan diri pada satu aspek pencarian kerja. Contohnya, pencarian lowongan kerja secara aman dan cepat (bertujuan pada kualitas), penyatuan semua lowongan di satu situs (bertujuan pada jumlah loker), penyediaan berbagai filter bagi pencari kerja (bertujuan pada comfort).

Bagi mereka yang baru memasuki dunia kerja, agregator lowongan kerja adalah tempat sempurna untuk menemukan pekerjaan paruh waktu atau pekerjaan sampingan. Sayangnya, tidak semua pemberi kerja bersikap jujur ketika memberi kerja kepada mahasiswa atau lulusan baru. Ada banyak perusahaan yang menawarkan gaji rendah ataupun tidak membayar sama sekali pada akhir bulan, karena Anda bekerja secara tidak resmi. Oleh Karena itu, untuk apa menghabiskan waktu Anda? Nah, untuk memeriksa apakah perusahaan ini jujur dan apakah lowongan kerja yang Anda sedang lihat benar dan berkualitas, coba cari tahu apakah lowongan tersebut terdapat pada agregator lowongan kerja.

Mengapa Tidak Bekerja Secara Online Saja di Internet?

Pada zaman yang cukup kompetitif ini, semakin banyak orang bekerja online karena alasan-alasan berikut: digaji cukup tinggi, bukan kerja kantoran dan tidak terlalu kena control atasan. Untuk mereka yang belum pernah bekerja di kantor, sangat menyenangkan memulai dari pekerjaan online. Coba gunakan pengetahuan yang sudah Anda miliki atau cari tahu informasi baru di internet, sehingga dapat menggunakanya saat bekerja.

Kini saatnya kita gunakan semua sarana pencarian lowongan kerja dengan membedakan yang baik, dan yang tidak dapat dipercaya. Internet adalah jaringan yang luar biasa luas, sehingga penuh dengan penipuan dan informasi palsu. Maka, jika Anda baru memulai karir Anda, gunakanlah sumber lowongan kerja terpercaya, supaya tidak terjebak dalam situasi yang kurang menyenangkan.

ads