ads

Selain Gili Trawangan, Pantai Senggigi Layak Dikunjungi Ketika Mengunjungi Lombok

Di sebuah warung. Dua Bapak sedang makan dengan lahapnya, seorang Bapak makan sambil mengangkat kakinya, satu Bapak lagi sedang makan dengan tenang.

Saya memesan makanan, makanan untuk saya siap, lalu saya duduk, didepan saya terdapat tanah kosong, yang ditumbuhi pohon yang lumayan besar, pohon itu adalah tempat bersarang kumpulan burung pipit. Burung pipit hinggap di bawah taman, mereka berkicau dengan anggun, memanggil anggota keluarganya, burung-burung itu mematuk -matuk tanah, sedang mencari serangga untuk mereka makan. Tingkah burung-burung pipit tersebut menarik perhatian saya.

Usai makan di warung tersebut, saya melanjutkan perjalanan dengan mengendarai kendaraan beroda dua. Kemanakah saya hendak bertualang? Saya sedang dalam perjalanan menuju Pantai eksotis di kabupaten Lombok Barat, yaitu pantai Senggigi (Senggigi beach).

Selain Gili Trawangan, pantai Senggigi juga layak dikunjungi ketika mengunjungi Lombok, dekat dengan pusat kota Mataram serta Senggigi adalah salah satu tempat wisata paling terkenal di Lombok selain Gili Trawangan. Waktu tempuh dari kota Mataram ke Pantai Senggigi adalah 36 menit.

Untuk mencapai tempat wisata di Lombok ini, perjalanan yang ditempuh cukup menarik dengan melewati jalanan berbukit, di atas puncak bukit, saya tiba di sebuah Gardu Pandang Makam Batu Layar. Dari atas gardu pandang, saya bisa melihat pemandangan kapal-kapal kecil yang berlayar. Selain itu, saya mendengarkan suara ombak, membangkitkan semangat saya agar melanjutkan perjalanan, dan segera tiba di tujuan.

Sisi kiri dan kanan jalan, saya melihat banyak hotel dan resort.  Jalan beraspal sepanjang jalan pantai senggigi cukup terawat.

Wuzzzzz tiba-tiba polisi berseragam mendahului saya, mereka mengendarai motor dengan cepat mendahului saya, 🙂 🙂 🙂

Nampaknya, saya terlalu banyak bercerita mengenai hal yang saya dapati selama perjalanan menuju pantai Senggigi.

Woke akhirnya saya tiba di pantai Senggigi, saya ingin segera menelusuri wisata di Lombok ini. Berbagai hal menarik sepertinya akan saya temui selama berada di pantai Senggigi.

Tahu hal pertama yang menarik tentang pantai Senggigi? Jawabannya adalah melihat anak-anak yang asyik bermain dengan saudara dan orang tuanya. Mereka bermain dengan sangat gembira, dua anak berlari-larian mengejar ombak, dan kembali ke tempat orang tuanya berada sambil tertawa lepas.

Hal yang menarik kedua tentang pantai Senggigi adalah kita bisa berolahraga kayaking disini. Salah seorang pemandu yang menyewakan perahu kayaking, sedang berusaha menaikkan dua orang yang kesulitan naik ke atas kayaking. Salah satu perempuan tertawa ketika terjatuh dari atas perahu kayaking, dia tidak bisa naik ke atas perahu kayaking tersebut. Saya bersama adik saya pernah berlomba mengayuh kayaking di pantai Senggigi Lombok. Anda dapat membacanya disini.

Huwow ada kelapa muda. Rasa dahaga ingin segera minum. Saya memesan sebuah kelapa muda, lalu Bapak penjual kelapa muda mengelupas kelapa menggunakan parang. Putrinya yang masih kecil segera menempatkan tikar di atas sebuah pasir, dimana disampingnya terdapat sebuah pohon besar, oh… sempurna sudah petualangan ini, saya bisa minum kelapa muda sambil berteduh dibawah pohon besar saat cuaca sedang panas.

Pantai Senggigi memiliki sebuah dermaga. Dermaga Senggigi digunakan untuk menjemput wisatawan yang ingin berkunjung Bali dan Gili Trawangan. Sepanjang mata memandang, orang-orang tersebut kebanyakan adalah wisatawan dari benua Australia, Eropa, dan Amerika.

Di jembatan dermaga kecil menuju tempat menunggu, dua kakak beradik berlomba melompat ke bawah air, (saya dan bersama adik saya juga melompat dari atas dermaga) mereka terlihat menikmati kegiatan yang sedang mereka lakukan berdua. Selain itu, anak-anak lainnya berlomba-lomba melompat dari atas jembatan.

Memandang ke dalam air, tanpa memasukkan kepala saya kedalam air. Saya melihat kumpulan ikan kecil berenangan kesana kemari.

Pasar Seni Senggigi

Pantai Senggigi Lombok memiliki sebuah pasar seni dimana Anda akan menemukan berbagai oleh-oleh khas Lombok seperti kaos, lukisan, dan berbagai kesenian yang terbuat dari kayu.

Hal menarik lainnya mengenai pantai Senggigi adalah kita bisa menyaksikan secara langsung nelayan memancing ikan. Untuk melihat kegiatan nelayan tersebut, saya berjalan melewati pasir depan Kila Senggigi Beach. Saat mencari hotel senggigi Lombok, Anda juga bisa mempertimbangkan menginap di Kila Senggigi Beach.

Tiba di tempat pemancingan tersebut, saya melihat banyak juga wisatawan yang datang melihat kegiatan nelayan tersebut. Saat ikan melahap mata pancing Anda, dan berhasil menangkap ikan tersebut, tentunya Anda merasa bahagia. Terutama nelayan itu sendiri. Bisa dilihat dalam video klip berikut ini.

 

Beberapa nelayan disini menggunakan pancingan layangan, dimana nelayan menerbangkan layangan menggunakan tali pancingan, ujungnya memiliki mata kail. Cara memancing seperti ini jarang saya temui selama mengunjungi berbagai pantai di Indonesia, baik di Jawa, Sulawesi, dan Papua.

Satu-satunya hal yang kurang baik mengenai pantai Senggigi, menurut saya adalah di lokasi tertentu kita bisa menjumpai sampah, padahal disekitar pantai sudah terpampang jelas himbauan untuk tidak membuang sampah sembarangan serta tempat sampah yang sudah tersedia. Ini kembali lagi kepada kesadaran wisatawan.

Saat Anda pertama kali datang ke Lombok, saya merekomendasikan mengunjungi pantai Senggigi sebagai destinasi wisata Lombok Anda, ini karena lokasinya dekat dengan kota Mataram, Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Barat, serta berbagai hal yang menarik bisa Anda jumpai selama berada di pantai Senggigi.

ads