ads

Merindukan Tanah Kelahiran

Foto: Instagram.com/el_aly55/

Kemanapun kaki ini melangkah, tanah kelahiran tetap terngiang-ngiang dalam pikiran. Berada di tempat yang jauh tidak bisa mengikis bayangan tanah kelahiran. Bayangan itu adalah hawa sejuk yang terasa oleh indera peraba kulit, duduk di atas alang sambil minum kopi, mencium aroma kopi yang membuat rileks. Lalu, mengunjungi tempat wisata yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya, akan muncul susunan kata-kata yang berbeda saat duduk bercerita kepada Anda melalui blog ini.

Cerita rindu pada tanah kelahiran dimulai. Pada suatu waktu bersama dengan teman-teman, kami menonton film “Filosofi Kopi 2” di XXI Lombok Epicentrum Mall dimana beberapa minggu yang lalu Presiden Jokowi mengunjungi Lombok Epicentrum Mall. Salah satu lokasi syuting film Filosofi Kopi 2 berada di Toraja, daerah dimana saya lahir. Dalam film tersebut, diceritakan bahwa Jody (Rio Dewanto) mengajak Tarra (Luna Maya) mengunjungi Toraja.

Film tersebut memperlihatkan bentangan Tongkonan dan Alang, tak lupa pemandangan hijau perkebunan kopi, Tongkonan Dengen Doan.  

Setelah menonton film tersebut, seorang teman bertanya apakah Patrick rindu Toraja setelah menonton film Filosofi Kopi 2?” Saya jawab, lumayan rindu.

Sudah setahun lebih saya tidak kembali ke Toraja, dan 6 bulan berada di Lombok.  Selama berada di Lombok saya lumayan rindu dengan tanah kelahiran, namun ternyata sekarang ketika saya sedang berada di Toraja, ternyata rasa rindu saya meluap-luap ingin mengunjungi tempat-tempat wisata di Toraja.

Saya sedang menyusun rencana untuk mengunjungi tempat-tempat wisata Toraja yang belum pernah saya kunjungi, yaitu desa wisata Ollon, Monige Tongga pernah menulis di blog ini, saya ingin menikmati sendiri desa wisata Ollon dan menceritakannya kepada Anda di blog ini.

Selain itu, saya ingin segera mengunjungi objek wisata terbaru bernama Pa’baladoan, titik pertemuan antara Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. Dari video Metro TV yang saya nonton, kita bisa melihat kawasan kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat dari atas bukit Pa’baladoan. Dari atas bukit itu terlihat pegunungan dan persawahan yang terlihat hijau.    

Terakhir, berkumpul bersama teman-teman google local guides di objek wisata batu menhir Bori’ Kalimbuang.

Saya tidak sabar segera membagikannya kepada Anda melalui blog ini.

 

ads