Gempa 7,3 SR, Yogyakarta Waspada Tsunami, Sahabat Traveler Sebaiknya Menghidari Pantai

Gempa 7,3 SR/Foto: Twitter.com

Sahabat traveler, Badan Meteoreologi dan Geofisika merilis gempa yang berpotensi siaga tsunami di wilayah Tasikmalaya, Pangandaran dan Ciamis. Telah terjadi gempa bumi berkekuatan besar, 7,3 skala Richter sekitar pukul 23.47 WIB.

Wilayah lain yang merasakan gempa adalah Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, sampai Bali dan NTB.

Lainnya, yaitu Bantul dan Kulonprogo DIY  yang bersatus waspada tsunami.

Dua jam setelah peringatan Tsunami, BMKG mengakhiri peringat resmi tersebut pada 02.25 WIB.

Sahabat traveler yang berada di Yogyakarta dan sekitarnya, rekomendasi saya, alangkah baiknya untuk sementara waktu tidak bertualang ke daerah rawan, terutama pantai.  

Pantai-pantai yang perlu dihindari di Bantul adalah Pantai Baru, Pandansari dan Kuwaru. Kemudian pantai di Kulonprogo, yaitu Pantai Trisik, serta pantai lainnya di wilayah Bantul dan Kulonprogo.

Sudah terjadi tiga kali gempa susulan. Kita tidak tahu kapan gempa susulan bisa terjadi. Sahabat traveler yang berada di wilayah-wilayah yang telah disebutkan di atas hindari pantai, jangan khawatir, tetap memantau pengumuman resmi dari BMKG di situs resmi dan sosial media BMKG.  

Jangan sampai sahabat traveler terpancing oleh isu-isu yang tidak bertangung jawab mengenai gempa bumi dan tsunami. Seperti yang terjadi dengan Gunung Agung, ketika Gunung Agung belum meletus, ada kabar hoax yang beredar melalui WhatsApp yang mengakibatkan masyarakat khawatir.  

Gempa yang berpusat di Tasikmalaya, Jawa Barat ini menewaskan seorang wanita di Ciamis, Dede Lutfi tewas tertimpa reruntuhan bangunan mengakibatkan pendarahan di kepala dan tulang punggung hingga mengalami patah.

Kita doakan sahabat traveler gempa susulan tidak terjadi lagi.  

Petualangan di Yogyakarta:

Taman Tebing Breksi, Wisata Menarik di Jogja yang Mewajibkan Wisatawan Tersenyum

Serunya Berwisata ala Teletubbies

Obyek Wisata Kalibiru di Kulonprogo

Nikmatnya Makan Soto Menggunakan Batok Kelapa

Mengetahui Sejarah Kerajaan Jawa di Museum Ullen Sentalu