Fasilitas Kebun Binatang Ragunan Jakarta

Kebun Binatang Ragunan/Foto: Suaradewan.com

Sahabat traveler, tidak perlu masuk hutan belantara yang liar agar dapat melihat berbagai binatang, mana tahu ketemu ular, kan berbahaya, bisa matuk 😛 😛 😯 😯 . Mengunjungi Kebun Binatang Ragunan Jakarta sudah cukup. Kecuali mau bertualang bak tarzan boleh-boleh saja masuk hutan, hehe atau Anda memang bekerja dalam hutan untuk melindungi hutan dari pembalakan liar.

Kebun Binatang Ragunan beralamat di Jalan Harsono No.1, Ragunan, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Kebun Binatang yang memiliki luas 140 hektar (wow luas sekali) ini memiliki berbagai fasilitas. Kebun Binatang Ragunan menawarkan empat fasilitas, yaitu sebagai berikut:

1. Pusat Primata Schmutzer

Pusat Primata Schmutzer/Foto: ragunanzoo.jakarta.go.id

Dengan kompleks seluas 13 hektar, primata dari Indonesia yang hidup disini diantaranya orangutan, gorilla, simpanse, dan berbagai jenis primata langka baik dari dalam negeri dan luar negeri. Habitat primata disini dibuat seolah-olah berada di habitat aslinya.

Pusat Primata Schmutzer berperan dalam konservasi primata Indonesia, sekaligus menjadi jendela informasi primata.

Pusat primata ini merupakan salah satu pusat primata berkelas internasional.  

2. Taman Refleksi

Taman Refleksi/Foto: Instagram.com/ragunanzoo

Taman Refleksi berada di Central Area Pusat Primata Schmutzer.

Banyak yang tidak tahu, Taman Margasatwa Ragunan memiliki areal khusus untuk kegiatan refleksi berupa tanaman dan batu-batu.

Disarankan agar datang pagi atau sore hari untuk melakukan kegiatan refleksi pada kaki Anda disini dengan menginjak batu-batu.

Selain untuk kegiatan refleksi, taman juga digunakan untuk berfoto-foto dengan latar belakang berupa ikon orang utan yang berada di tengah kolam, patung Komodo, dan patung gajah berukuran besar.

3. Taman Satwa Anak

Taman Satwa Anak/Foto: Liputan6.com

Area Taman Satwa Anak diperuntukkan bagi anak-anak dengan menampilkan berbagai satwa yang tentu disukasi oleh anak-anak, seperti ikan raksasa arampaima gigas, memiliki berat 100 kg, berat sekali, apakah sahabat traveler kuat mengangkatnya?

Ada juga burung kakaktua yang pandai berbicara dan ular condrophyton berwarna-warni pada tubuhnya.

Ada satu lagi yang bakal disukai oleh anak-anak, yaitu Aquarium Arapaima. Anak-anak dapat melihat ikan raksasa dari Amazon.  

4. Sarana Rekreasi

Taman Perahu Angsa/Foto: Thetripcorner.com

Sarana rekreasi diantaranya gajah tunggang, onta tunggang, kereta keliling, peyewaan sepeda, taman perahu angsa, pentas satwa, kuda bendi, kuda tunggang.

Suka menjelajah pantai dan perbukitan, termasuk naik pohon. Menyelesaikan kuliah fakultas Bisnis di Yogyakarta.