Fenomena Langka, Lagi Salju Menutupi Gurun Sahara

Salju Menutupi Sahara/Foto: Cnn.com

Sahabat traveler, salju turun di gurun Sahara untuk ketiga kalinya selama 40 tahun terakhir. Salju itu melapisi perbukitan hingga ketebalan mencapai 40 Cm. Gurun sahara adalah salah satu tempat paling panas serta gurun pasir terbesar ketiga di dunia.  

Saya langsung teringat dengan lagu Anggun yang berjudul “Snow On The Sahara” ketika menulis artikel ini, lagu tersebut rilis pertama kali pada 24 Juni 1997, sedangkan salju turun pertama kali di Gurun Sahara pada 18 Februari 1979. Tentunya Anggun mendapatkan inspirasi dari kejadian alam ini.

Lebih lanjut mengenai Gurun Sahara, cuaca ekstrem adalah penyebab turunnya salju pada Minggu, 7 Januari 2018 lalu. Ain Sefra, Algeria, yang memiliki julukan ‘pintu gerbang memasuki gurun Sahara’ sebagian ditutupi salju.

Pemandangan itu tidak berlangsung lama. Butiran es yang turun pada Minggu dini hari berangsur-angsur meleleh di sore hari.

Pada 18 Februari 1979, pertama kali terjadinya fenomena alam Gurun Sahara ditutupi salju. Pada saat itu tiba-tiba salju turun kurang lebih selama 30 menit.

 Kepada Independent.co.uk (9/1/2018), Mett Office, seorang juru bicara lembaga pemantau cuaca dan perubahan iklim mengungkapkan, “Nampaknya sejumlah gambar bersalju diambil di wilayah yang lebih tinggi di utara kawasan tersebut, menuju wilayah Atlas. Jadi tak mengherankan apabila daerah itu memiliki salju dalam beberapa kondisi, jika itu memang benar,”

Berikut adalah tiga foto terbaik saat salju menutupi sebagian Gurun Sahara.

Salju Menutupi Gurun Sahara/Foto: Cnn.com

Untuk foto di atas, pemandangannya sangat indah bukan?

Salju Menutupi Sebagian Gurun Sahara/Foto: Reuters.com

Foto ini memperlihatkan seorang pria sedang berdiri dan melihat keadaan sekitar.

Nampak 8 Orang Sedang Berjalan di Gurun Sahara/Foto: Cnn.com

Terlihat pada foto kumpulan orang menggunakan jaket, mereka merasakan dingin saat gurun bersalju. 

Tejadian langka seperti ini sebelumnya terjadi pada 19 Desember 2016, suhu di Gurun Sahara mencapai 10-15 derajat lebih dingin dari biasanya saat salju turun.

Artikel sebelumnya: 

(Ads) Pesan Hotel/Resort/Villa/Hostel/Guesthouse Secara Online 

Ulang Tahun Bunga Bangkai Rafflesia Arnoldii ke-25 Jadi Google Doodle

Pertunjukan Cahaya di Dubai Pecahkan Rekor Dunia, Raffi Ahmad Bersama Keluarga Liburan di Dubai

Petualangan Seru di Objek Wisata Pango-Pango, Toraja

Resmi, Chelsea Rekrut Ross Barkley, Objek Wisata Favorit Ross Barkley