Kado Istimewa Natal Desember 2017, Menginspirasi.com di Google Play

Menginspirasi.com di Google Play

Sahabat traveler, terima kasih setia mengunjungi blog sederhana ini. Salah satu kado istimewa pada Natal Desember 2017 adalah Menginspirasi.com terdaftar resmi di Google Play setelah beberapa bulan tertunda akibat saya tidak cepat merespon email dari tim Google yang khusus menangani Google Play Newsstand.

Apa itu Google Play Newsstand/Google Play Kios?

Google Play Newsstand atau dalam Bahasa Indonesia dikenal sebagai Google Play Kios adalah aplikasi pengumpul berita dari situs berita dan blog yang dikembangkan oleh Google untuk sistem operasi Android dan iOS.

Walaupun saya tidak cepat merespon email tim Google Newsstand karena saya fokus membuat konten, selain itu saya sibuk bekerja dan sedang persiapan mengikuti ujian masuk salah satu kementrian di Indonesia, hasilnya saya tidak lolos.

Google sangat antusias membalas email saya dan memberikan saya masukan apa saja yang perlu dilakukan agar Menginspirasi.com muncul di google play Kios, terutama memperhatikan guidelines dimana Google menyarankan setiap producer agar sering mengupdate artikel terbaru. Inilah alasan sehingga hampir tiap hari saya menulis di blog ini.

Awalnya saya mendaftarkan Menginspirasi.com melalui Google Producer pada September 2017, lalu saya mendapatkan email dari Google selang beberapa hari setelah dilakukan pendaftaran, mereka memberikan masukan agar mengupdate pixel icon Menginspirasi.com, kemudian saya mendapatkan email kedua pada bulan 11 setelah saya tidak membalas email yang pertama.

Email pertama dikirim oleh Bharat dan email kedua dikirim oleh Virel.  

Berikut adalah isi email dari Bharat, saya kutip poin pentingnya.

Low resolution edition icon. Please update your edition icon to be at least 1000 x 1000 px.

File mentah icon Menginspirasi.com yang lama apabila saya rubah ke 1000×1000 px terlihat buruk, sehingga saya sekalian membuat icon terbaru dengan warna dasar merah, dan tulisan Menginspirasi.com berwarna putih.

Filosofinya adalah saya menyukai warna merah dan warna putih menunjukkan air serta awan, air adalah sumber kehidupan yang bisa ditemui di pantai, sungai, dan dimana saja saat traveling, sementara awan selalu berada di atas memperhatikan .

Selama ini ketika menulis di blog, saya tidak pernah menggunakan photoshop, karena saya kurang mempelajarinya. Saya selalu mengandalkan pengedit online Canva.com, saya sangat merekomendasikan Anda menggunakannya, karena tidak terlalu sukar, sedangkan Photoshop cocok untuk Anda yang suka bermain dengan foto, tidak seperti saya yang lebih suka bermain dengan kata-kata dan merangkainya menjadi kalimat.

Untuk menggunakan Canva, pertama-tama saya memasukkan ukuran pixel yang saya butuhkan. Berikutnya, memilih bentuk huruf. Kemudian jadilah sebuah icon untuk Google Play Kios dan favicon sederhana untuk ditampilkan di blog Menginspirasi.com.

Icon Menginspirasi.com

Favicon Menginspirasi.com

Setelah icon Menginspirasi.com selesai, saya mengupdate icon melalui Google Producer dan membalas email Google pada 29/12/2017. Hari itu Virel langsung membalas email saya, berikut isinya, saya kutip bagian terpenting.

Great news! Our team has reviewed your edition and found that it meets our inclusions guidelines, so we’ve added it to the Google Play Newsstand catalog. Users will now be able to find your edition while searching in the Kios app and while browsing categories in our catalog (e.g. Business, Lifestyle).

Yup, pada 29 Desember 2018, Google menuliskan bahwa saya sudah mengikuti panduan mereka, sehingga mereka memutuskan menambahkan Menginspirasi.com ke dalam katalog Google Play Kios.

Saya mengecek Google Play, dan saat saya sedang menulis artikel ini tampilannya seperti berikut.

Tampilan Google Play Kios

Menginspirasi.com di Google Play Kios

Google Play Kios juga bisa menampilkan video dari YouTube, saya menghubungkan YouTube saya ke Google Play Kios. 

Saya melihat potensi Google Play Kios ini melalui alat pengukuran Google Analytics dimana pengunjung Menginspirasi.com di Play Kios mengalami kenaikan 596,4% dalam 28 hari terakhir dibanding 28 hari sebelumnya dan saya bisa menghubungkan Google Adsense (Sumber penghasilan dari menulis blog) saya dengan Google Play Kios.

Statistik Menginspirasi.com di Google Play Kios

Membaca Menginspirasi.com di Blog ini atau di Google Play Kios?

Ini tergantung sahabat traveler sendiri, bisa membacanya di blog ini langsung atau di Google Play Kios .

Akan tetapi, untuk artikel terupdate kunjungilah Menginspirasi.com langsung karena artikel di blog ini barulah muncul di Google Play Kios dalam waktu 10 menit setelah saya memposting artikel di blog ini.

Selain menulis di malam hari, saya sudah mulai menulis lagi di pagi hari. Pagi hari adalah waktu terbaik mendapatkan ide terbaru sambil menyerumput kopi. Sekarang saya memiliki banyak waktu untuk menulis setiap hari. 

Demikian, sampai bertemu di artikel berikutnya.

Artikel sebelumnya:

Gempa Hari ini: Banten, 7 Tips Menghadapi Gempa Saat Traveling

Penjelasan Ilmiah Hujan Es di Magelang

4 Hal yang Perlu Diketahui Mengenai Gerhana Bulan Total 31 Januari 2018

 

Suka menjelajah pantai dan perbukitan, termasuk naik pohon. Menyelesaikan kuliah fakultas Bisnis di Yogyakarta.