Membantu Kepiting Pertapa Kembali ke Air

Berbagai kegiatan menyenangkan bisa kita lakukan di pantai. Misalnya, berjalan-jalan disekitar pantai sembari merekamnya dengan paca indra kita (penglihatan, penciuman, dan peraba), ataukah kita dapat berenang.

Sahabat traveler, saya sedang duduk di sebuah pondok merekam keadaan sekitar dengan panca indra dengan memperhatikan pasir putih, pegunungan, dan air laut, lalu seekor kepiting pertapa bergerak menuju ke arah suara air laut berasal.

Jarak dari pasir tempat kepiting pertapa itu berada tidaklah terlalu jauh.

Saya kemudian menyudahi duduk di pondok pantai, lalu merekam tingkah kepiting pertapa kecil tersebut. Saya mengambil sebuah cangkang kerang dan menempatkan kepiting pertapa tersebut diatas cangkang. Beberapa kali ia terjatuh dari atas cangkang karena ia selalu bergerak.

Sampailah kepiting pertapa tersebut di air yang tersapu oleh ombak. Apa dikata, ia ternyata berjalan kembali ke arah kumpulan pasir kering. 

Secara alami, kepiting pertapa dengan sendirinya bisa menuju pantai tersebut, tanpa bantuan saya. Rasanya apa yang saya lakukan di pantai kali ini tidak ada kerjaan sama sekali, akan tetapi inilah salah satu cara saya menikmati pantai, apalagi tidak ada yang yang saya kenal di pantai Sejuk Lombok tersebut sehingga saya bebas berekspresi.. miawww miawwww.. =^-^= =^-^= atau krik.. krik.. 

Berikut video yang saya rekam menggunakan smartphone.
Mengenal Kepiting Pertapa

Foto: Wikimedia.org

Nama lain dari kepiting pertapa adalah kelomang, umang-umang, dan ketam pertapa. Anda bisa menyebutnya dengan salah satu nama tersebut.

Kepiting pertapa memiliki spesies lebih dari 1.100.

Ia disebut kepiting pertapa karena kebiasaannya gemar mengembara dan hidup sediri dalam cangkangnya.  

Artikel sebelumnnya: 

(Ads) Pesan Penginapan Secara Online Disini

Fenomena Langka, Lagi Salju Menutupi Gurun Sahara

Ulang Tahun Bunga Bangkai Rafflesia Arnoldii ke-25 Jadi Google Doodle

Pertunjukan Cahaya di Dubai Pecahkan Rekor Dunia, Raffi Ahmad Bersama Keluarga Liburan di Dubai

Petualangan Seru di Objek Wisata Pango-Pango, Toraja