Cerita Menjelang Liburan Tahun Baru 2018, Berkunjung Ke Rumah Nenek

Pemandangan Persawahan Batutumonga/Foto: Instagram.com/ghe_m

Menjelang Tahun Baru 2018, bersama keluarga, kami mengunjungi rumah nenek di Batutumonga. Batutumonga adalah destinasi wisata di Toraja Utara yang menghipnotis lewat hamparan sawah. Hamparan sawah itu melekuk tak beraturan, namun sedap dipandang mata. Air sedang mengisi persawahan di Batutumonga.

Selain pemandangan hamparan sawah, dari atas Batutumonga kita dapat melihat pemandangan kota Rantepao dari Batutumonga.

Dalam perjalanan menuju rumah Tongkonan nenek, nampaklah deretan bambu yang menjulang diiringi dedaunannya yang melambai digerakkan oleh angin sejuk. Kami kemudian sampai di perhentian pertama, menampilkan pemandangan persawahan yang sudah dipanen.

Pada beberapa sisi persawahan terlihat rumah-rumah Tongkonan dan alang. Seperti pedesaan di Toraja pada umumnya, akan ditemukan banyak rumah Tongkonan (Tempat tinggal) dan Alang (tempat menyimpan padi).

Selain itu, terdapat batu-batu besar di tengah sawah yang menjadi ciri khas persawahan di Toraja.   

Akhirnya tibalah kami di rumah nenek. Suasana tenang terasa saat tiba di lapangan besar tempat memarkir kendaraan.

Berdirilah sebuah rumah Tongkonan tempat kami bercengkrama serta berkumpul mengambil foto bersama nenek. Sahabat traveler, setiap rumah adat di Toraja memiliki ukiran yang memiliki arti tertentu.

Naik ke Belakang Kerbau

Seekor kerbau hitam dalam tengah lapangan sedang berdiri dengan tenang. Kerbau tersebut menarik perhatian kami. Saya naik ke atas kerbau tersebut, bergantian dengan adik saya.

Sebelum naik ke atas punggung kerbau, kami mengusap-usap tubuh kerbau agar ia merasa tenang dan mempercayai kami menaiki punggungnya.

Kerbau tersebut cukup ramah dengan kehadiran kami.

Memetik Labu Siam Sebanyak Satu Sorong Cosco

Tujuan utama kami datang ke Batutumonga adalah bertemu dengan nenek dan keluarga, tidak memikirkan hal lain. Namun tidak direncanakan, kami selanjutnya memetik buah labu siam. Kami dipersilahkan memetiknya di kebun. 

Labu siam tersebut tumbuh dengan subur, tak tanggung-tanggung kami memetiknya sebanyak satu cosco sorong. Tentu saja senang sekali rasanya.

Kegiatan memetik buah bermanfaat dari segi psikologi agar kita merasa lebih tenang karena berhasil memetik buah langsung dan dapat berinteraksi dengan orang lain. 

Sahabat traveler sampai bertemu di petualangan berikutnya. 

Baca petualangan lainnya di Toraja berikut ini:

Pemandangan Persawahan dan Sungai

Negeri diatas Awan Toraja

Ollon, Bukit Teletubbies yang Tersembunyi

Suka menjelajah pantai dan perbukitan, termasuk naik pohon. Menyelesaikan kuliah fakultas Bisnis di Yogyakarta.