Ulang Tahun Bunga Bangkai Rafflesia Arnoldii ke-25 Jadi Google Doodle

Bunga Rafflesia Arnoldi/Foto: Cristinadelcanto.com/raflessia-arnoldii

Hari ini, 9 Januri 2018 Google Doodle merayakan 25 tahun ditetapkannya bunga kebanggaan kita Rafflesia Arnoldii sebagai bunga nasional Indonesia dengan menampilkan animasi bunga Rafflessia Arnoldi berwarna merah sebelum mengembang, hingga mengembang dan mengeluarkan gas hijau.

Sahabat traveler, pada saat doodle tersebut diklik, mesin pencari yang didirikan oleh Larry Page membawa kita kepada berbagai artikel yang berhubungan dengan bunga purba Rafflesia Arnoldi.

Google Doodle Merayakan Ulang Tahun Rafflesia Arnoldii/Foto: Google.com

Merujuk pada sejarah, penetapan bunga Rafflesia Arnoldii sebagai bunga nasional Indonesia berdasarkan keputusan Presiden Nomor 4 Tahun 1993 Tentang Satwa dan Bunga Nasional yang ditandatangani oleh mantan Presiden Soeharto.

Terdapat tiga jenis bunga yang dikukuhkan sebagai Bunga Nasional, diantaranya Rafflesia Arnoldi sebagai puspa langka, Melati (Jasminum sambac) sebagai puspa bangsa, dan Anggrek bulan (Palaonopsis amabilis) sebagai puspa pesona.

Tahukah Anda, Nama dibalik Rafflesia Arnoldii?

Gambar Thomas Stamford Raffles/Foto: Nlb.gov.sg

Rafflesia Arnoldii diambil dari dua nama yakni Dr. Joseph Arnold dan Thomas Stamford Raffless. Seorang pemandu yang bekerja pada Dr. Joseph Arnold pertama kali menemukannya pada tahun 1818 di hutan tropis Bengkulu, Barat Daya Pulau Sumatera, sedangkan Dr. Joseph Arnold saat itu sedang mengikuti ekspedisi yang dipimpin oleh Thomas Stamford Raffles.

Rafflesia Arnoldii Tidak bisa melakukan fotosintesis seperti bunga lainnya karena tumbuh merambat, serta tak berdaun. Berada di tempat terbuka, bisa tumbuh dengan diameter satu meter.

Peneliti dari Universitas Bengkulu, Agus Setyanto menyebutkan bunga langka ini dikategorikan tumbuhan unik. Rafflesia memiliki siklus hidup hingga lima tahun dan hanya memiliki masa mekar 3 hari hingga  hari.

Artikel sebelumnya:

Pertunjukan Cahaya di Dubai Pecahkan Rekor Dunia, Raffi Ahmad Bersama Keluarga Liburan di Dubai

Petualangan Seru di Objek Wisata Pango-Pango, Toraja

Resmi, Chelsea Rekrut Ross Barkley, Objek Wisata Favorit Ross Barkley

7 Potret Terbaik Keindahan Supermoon di Berbagai Negara

Suka menjelajah pantai dan perbukitan, termasuk naik pohon. Menyelesaikan kuliah fakultas Bisnis di Yogyakarta.