Ikan Pari Menyengat Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin Saat Asyik Berlibur di Kalimantan Timur

 

Ikan Pari Berenang Bersama Manusia/Foto: Wikimedia.org

Sabtu (3/2/2018), Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dikabarkan tersengat ikan pari ketika berlibur di Kepuluan Derawan, Kalimantan Timur.

Lukman Hakim Saifuddin mengungkapkan bahwa setelah sekitar 2 jam di Sangalaki, mereka bersiap menuju Pulau Kabatan. Ketika hendak naik boat, dan permukaan air laut masih sebatas betis, tiba-tiba ikan pari menyengat bawah mata kaki di atas tumit kaki kanannya, seperti dikabarkan oleh Kompas.com (4/2/2018).

Saat itu mereka sedang asyik berjalan-jalan di pinggir pantai Pulau Sangalaki.

Setelah kejadian, Menteri Agama langsung dibawa ke Pusksesmas terdekat, Puskesmas Pulau Derawan agar mendapatkan perawatan. Kemudian, ia dirujuk dan dipindahkan ke RSUD Abdul Rivai Tanjung Redep Berau.

Menteri Agama Mendapatkan Perawatan di Puskesmas Pulau Derawan/Foto: Merdeka.com

Lukman telah pulih dan bisa melakukan kegiatan seperti biasanya pada Minggu, 4 Februari 2018.

Informasi dari penduduk, ikan pari memang biasanya banyak dan sering berenang ke pinggir pantai.

Menurut Para Ahli Ikan Pari Tergolong Jinak, Lalu Mengapa Menyengat?

Rupanya ikan pari menyengat sebagai bentuk pembelaan diri, walaupun para ahli menyebutkan ikan pari termasuk jinak.

Ikan pari menyengat apabila manusia tidak sengaja menginjakknya. Otomatis ikan ini menyengat menggunakan ekornya. Ikan pari lalu mengangkat ekor panjang yang ia miliki dan menyengat apapun yang ada didepannya.

Racun ikan pari mengandung enzim 5-nukleotidase dan fosfodiesterase, juga serotonin neurotransmitter sehingga racunnya sangat menyakitkan. Serotonin penyebab kesakitan parah, ia membuat otot polos berkontraksi parah. Kemudian enzimnya penyebab sel dan jaringan mati.

4 Pertolongan Pertama Apabila Tersengat Ikan Pari

Dilansir dari Jawapos.com (4/2/2018), dosen Deperartemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Gajah Mada (UGM) Slamet Raharjo memaparkan beberapa tips pertolongan pertama kepada orang yang tersengat ikan pari.

1. Jangan Panik

Semakin panik, jantung berdegup makin kencang, sehingga venom menjalar ke seluruh bagian tubuh dengan cepat. Venom sering disebut ‘bisa’. Venom dihasilkan oleh hewan seperti ular, lebah, dan ikan.

2. Identifikasi Jenisnya

Pastikan dengan seksama jika memang benar ikan yang menyengat, ataukah ikan lainnya.

3. Bersihkan Luka

Bersihkanlah sengatan luka menggunakan air mengalir hingga pendarahan pampat.

4. Beri Pertolongan Medis

Tips terakhir, segeralah membawa orang yang tersengat ke puskesmas atau rumah sakit terdekat. Seperti yang dilakukan pada Menteri Agama, dibawa ke puskesmas terdekat yaitu Puskesmas Pulau Derawan.

Suka menjelajah pantai dan perbukitan, termasuk naik pohon. Menyelesaikan kuliah fakultas Bisnis di Yogyakarta.