7 Tempat Wisata Inggris yang Menarik, Bikin Traveler Pengen Kesana Segera

Bukan hanya kerajaan Inggris yang terkenal namun tempat-tempat wisata Inggris juga banyak yang terkenal. Pihak yang berkepentingan yaitu pemerintah atau pengelola swasta sebuah tempat wisata di Inggris sangat memperhatikan kualitas wisata mereka, sehingga traveler ingin menikmati daya tariknya. Berikut adalah daftar 7 tempat wisata di Inggris yang menarik, saya ulas berdasarkan penilaian di berbagai situs yang berhubungan dengan pariwisata dan saya merujuk ke situs resmi objek wisatanya agar mendapatkan informasi yang valid:

1. Elizabeth Tower

Elizabeth Tower Pada Malam Hari/Foto: Youtube.com

Tempat wisata di Inggris yang terkenal, salah satunya adalah Elizabeth Tower, sebelumnya bernama Big Ben. Elizabeth Tower merupakan situs paling bersejarah bagi kota wisata di Inggris, bagaimana tidak, tower tersebut diberi nama Elizabeth Tower yang bertepatan dengan pesta 60 tahun Ratu Elisabeth II memimpin Britania Raya dan wilayah persemakmuran.

Wisata London Inggris Elizabeth Tower sedang direnovasi, dimulai sejak Agustus 2017 dan akan rampung pada tahun 2021.

Berikut gambar wisata Elizabeth Tower Inggris.

Foto: Express.co.uk

Foto: Express.co.uk

Foto: Telegraph.co.uk

2. Taman Nasional Dartmoor

Taman Nasional Dartmoor/Foto: Pixabay.com

Salah satu wisata alam di Inggris adalah Dartmoor, taman nasional yang memiliki luas sekitar 954 km persegi. Titik tertingginya adalah High Willhays, 621 m di atas permukaan laut. Terletak di barat daya Inggris, tepat di jantung Devon.

Dartmoor memiliki pemandangan alam yang menakjubkan, lembah berhutan dengan arus air sungai yang mengalir deras, dengan alam terbuka yang sejuk.

Taman Rumah Kebun/Foto: Greatbritishgardens.co.uk

Anda bisa mengunjungi The Garden House (rumah berkebun), dimana terdapat berbagai tanaman seperti bunga, pohon berwarna warni, rumput, dan perumahan batu kuno yang terawat dengan baik. Taman tersebut nampak sempurna.

Museum Dartmoor/Foto: Visitdartmoor.co.uk

Tempat wisata lainnya adalah Moretonhampstead Motor Museum. Dengan ukuran yang kecil, tetap banyak dikunjungi oleh wisatawan. Seorang wisatawan mengulas tempat wisata ini. Melalui Tripadvisor, ia menuliskan, “Dengan membayar tiket keluarga sebesar £15, pemilik museum melayani tur khusus. Pemilik tersebut  tahu banyak dan ia orang yang antusias. Saya menyukai tempat seperti itu. Saya seperti melihat kehidupan orang lain dan passionnya.”

Air terjun Lydford George/Foto: Google Images

Wisata lainnya dalam taman nasional adalah Air terjun Lydford George. Sekali Anda masuk kesini, Anda akan terkesima dengan keindahan air terjun deras. Sangat cocok berjalan kaki untuk sampai di air terjun Lydford George.

3. Stonehenge

Pemandangan Stonehenge/Foto: evavenvanstours.com

Ingat dengan film Transformers: The Last Knight? Robot-robot beraksi di Stonehenge, Stonehenge dalam film tersebut bukan asli, tapi replika yang dibuat. Saking terkenalnya Stonehenge, ia menjadi inspirasi tempat membuat film Transformer: The Last Knight, keren kan?

Wisata di Inggris, Stonehenge adalah salah satu situs paling terkenal di dunia.

Ahli Arkeolog memperkirakan, batu-batu Stonehenge berdiri antara 3.000 sebelum masehi dan 2000 sebelum masehi.

Susunan batu Stonehenge terlihat sangat unik karena bentuknya melingkar.

Ketika mengunjungi situs Stonehenge, Anda sangat gembira, sebab tidak perlu lagi melihatnya di wallpaper windows atau smartphone Anda, kini Anda dapat melihatnya dengan mata telanjang.

Wisatawan dari Indonesia bernama Sansancut dari Pontianak, kala mengunjungi Stonehenge mengungkapkan, “Sebelum sampai di Stonehenge, samping kiri ada padang rumput yang cantik sekali, seperti hidup dalam wallpaper. Sebenarnya batunya biasa saja, mungkin berbagai mitos yang membuatnya mengesankan. Terutama kata wisatawan yang sudah minum air roman bath, katanya merasakan kekuatan yang luar biasa. Misalnya saya, beberapa orang lain mengatakan biasa saja, tapi tidak tahu mengapa, saya merasakan timbulnya kekuatan berbeda dalam diri saya. Mungkin pengaruh air minum dari bath tersebut. Apabila selanjutnya mendapatkan rezeki, saya harus kesini lagi deh.”

4. Eden Project

 

Eden Project Siang Hari/Foto: Edenproject.com

Eden Project yang berada di Cornwall, Inggris adalah sebuah rumah kaca raksasa yang berguna juga sebagai taman botani.

Bangunan Eden Project berbentuk kubah-kubah raksasa warna putih adalah bagian paling menarik, polanya segi empat atau heksagonal.

Kubah-kubah digunakan untuk memelihara berbagai tumbuhan dengan berbagai kategori, yaitu berdasarkan curah hujan dan itensitas cahaya matahari, sehingga tumbuhan dikelompokkan menjadi tumbuhan yang hidup di hutan hujan tropis, hutan gugur, padang gurun, padang rumput, tundra, dan taiga.  

Dibangun dari ratusan sel platik yang berbentuk segi lima dan segi enam, bangunan Eden Projects disangga oleh rangka baja.

Bioma Eden Projects dihiasi sejumlah patung unik, sering digunakan sebagai objek bagi pengunjung mengambil foto. Bagian luar kubah memiliki bioma khusus untuk tumbuhan beriklim sedang hingga beriklim dingin, seperti lavender, teh, dan rami.

Kubah-kubah Eden Project Berwarna Warni di Malam Hari/Foto: MarkyBon/Flickr

Kubah-kubah di Eden Projects pada malam hari menyala dengan hiasan lampu berbagai warna.

Eden Project memiliki area ice skating yang dapat digunakan pada musim dingin. Selain itu, tempat wisata ini juga menghadirkan pertunjukan musik.

5. Istana Windsor

Istana Windsor/Foto: Grid.id

Istana Windsor Inggris buka pada pukul 09.30 waktu setempat.

Istana Windsor dikenal karena arsitektur yang megah dan berasosiasi dengan keluarga kerajaan Inggris dalam jangka panjang. Bukan hanya arsitekturnya yang megah, tapi juga koleksi yang dipamerkan seperti lukis, keramik, barang berharga, dan peninggalan lainnya.

Sejarah istana Windsor dimulai pada abad pertengahan, istana menjadi kediaman resmi Kerajaan Inggris.

Pada awalnya, istana digunakan sebagai tempat tinggal resmi bagi keluarga kerajaan Inggris, dan menjadi istana paling lama didiami di Eropa. Istana Windsor adalah tempat yang paling disukai Ratu Inggris kala bersantai.

Bulan Putri melalui situs TripAdvisor mengulas Istana Windsor, ia menuliskan, “Kastilnya sangat indah dan luas. Lokasinya agak jauh dari London, namun perjalanan ke objek wisata ini tidak mengecewakan. Kala itu, saya bersama keluarga mengikuti paket tour gabungan dan tujuan pertama adalah Istana Windsor…. Saya begitu menyukai desainnya. Dalamnya terdapat sebuah taman cantik, area yang tidak boleh dimasuki…”

6. Taman Nasional Yorkshire Dales

Taman Nasional The Yorkshare Dales/Foto: Holidayathome.co.uk

Setiap tahun wisatawan yang datang berkunjung ke Taman Nasional Yorkshire Dales sekitar 8 juta orang per tahun.

Kegiatan yang dapat traveler lakukan disini seperti bersepeda santai atau berjalan kaki sambil menikmati pemandangan. Mau tahu syarat utama menikmati pemandangan Taman Nasional Yorkshire Dales? Syaratnya, “Yang penting kuat jalan dan punya jiwa petualang,” kata Elshinta Suyoso-Marsden, orang Indonesia yang sudah menetap di Kawasan taman nasional (Antaranews.com, 13/3/2018).

Anda yang suka berjalan kaki dimanjakan dengan jalan berkarakter khas Inggris, seperti Dales Way – Jalan di lembah berkelok, Pennine Way – Jalan di perbukitan tingi, Coast to Coast Walk dan Pennie Bridleway jalan khusus untuk mereka yang suka bersepeda gunung.

Bill Marsden, suami Elshinta mengungkapkan, mereka sering berolahraga dengan berjalan kaki bersama gun dog, anjing berburu yang mereka beri nama Kana.

Mengenai pemandangan tidak perlu diragukan lagi, traveler akan melihat hamparan perbukitan yang sangat indah. Selain itu, traveler akan melihat lembah yang ditinggali sekelompok domba yang diberi warna pada tubuh belakang mereka. Warna tersebut sebagai penanda agar domba-domba tidak tertukar ketika pemilik menggiringnya.

Taman Nasional Yorkshire Dales memiliki luas sekitar 1.770 km persegi. Desa-desa yang ada antara lain, Thresfield, Linton, Hebden, Coniston, dan Kilnsey.

7. The Minack Theatre

Minack Theatre/Foto: TripAdvisor.co.uk

Traveler yang datang ke The Minack Theatre banyak yang merasa bahagia dan terkesima dengan pemandangan yang menakjubkan dari pantai yang ada didepan mata sambil mendengarkan suara ombak dengan damai.

The Minack Theatre sering menampilkan aksi teatrikal musik, dansa, serta konser dengan berbagai tema.  

Beberapa hal yang sering dipertanyakan oleh pengunjung sebelum mengunjungi The Minack Theatre adalah:

Buka jam berapa? The Minack Theatre buka pada jam 10.00-17.00 waktu setempat.

Apakah The Minack Theatre mengijinkan anjing masuk? Ya, pengelola mengijinkan membawa anjing.

Apa pantai yang dekat dengan The Minack Theatre? Porthcurno Beach salah satu pantai yang dekat. 

Seperti apa sejarah The minack Theatre? Merujuk ke situs resmi The Minack Theatre, Teater yang kita lihat saat ini telah mengalami perubahan besar selama 80 tahun terakhir, namun jika seorang penonton  dari pertunjukan pertama pada 16 Agustus 1932 mengunjungi teakter ini, mereka langsung dapat mengenali tempat ini.

Mempertunjukkan A Midsummer Night’s Dream Pada Tahun 1929/Foto: Minack.com

Pada 1929, penggemar drama lokal mengadakan sebuah pertunjukan di padang rumput, sekitar 1 mil dari Minack. Pertunjukan itu sukses besar dan beberapa tahun kemudian para pemain mencari tempat untuk mempertunjukkan The Tempest.

Rowena Cade yang tinggal di Minack House, mengambil keputusan bahwa tebing dibawah kebunnya akan menjadi tempat yang sempurna. Pada tahun 1932, bersama dengan tukang kebunnya, Rowena Cade memindahkan batu granit dan batuan bumi tanpa henti, menghasilkan teras-teras yang terlihat seperti sekarang ini.

The Tempest suskes besar bahkan memperoleh reaksi yang positif di The Times, dan selama beberapa tahun setelah Rowena dan tukang kebunnya melakukan banyak perbaikan, membuat sebuah tahta bagi Anthony dan Cleopatra, lalu membuat permulaan struktur panggung yang traveler lihat saat ini.  

Itulah 7 tempat wisata menarik di Inggris.

Suka menjelajah pantai dan perbukitan, termasuk naik pohon. Menyelesaikan kuliah fakultas Bisnis di Yogyakarta.