Foto: Bandara Kertajati, Bandara Terbesar Kedua di Indonesia

Sebelumnya, saya mengucapkan selamat merayakan Paskah, Minggu, 1 April 2018 bagi umat Kristen dan Katolik. Traveler, Jawa Barat telah memiliki bandara baru yaitu Bandara Kertajati yang berlokasi di Majalengka, bandara tersebut masih dalam tahap perundingan mengenai nama resminya. Kabar yang beredar, bandara ini akan dinamai Bandara Abdul Halim untuk menghargai jasa pahlawan Jawa Barat.

Seperti bandara di Indonesia pada umumnya, mengambil nama resmi dari nama pahlawan-pahlawan nasional di daerah bandara tersebut berada. Misalnya Bandara Hasanuddin di Makassar, Soekarno-Hatta di Jakarta, Sultan Iskandar Muda di Aceh, Husein Sastranegara di Bandung, dan Sam Ratulangi di Manado.  

Bandara Kertajati digadang-gadang akan menjadi bandara terbesar kedua di Indonesia. Seperti apa Bandara Kertajati ini? Yuk simak foto-foto Bandara Kertajati terkini, foto-foto dalam tulisan ini adalah milik PT Bandara Internasional Jawa Barat (PT BIJB), Badan Usaha Milik Daerah dan beberapa foto dari netizen:

1. Bandara Kertajati Terlihat dari Angkasa

Info: Sebagai bandara terbesar kedua setelah Bandara Hang Nadim Batam nantinya, Bandara Kertajati memiliki luas 1.800 hektare (ha) dan aerocity seluas 3.480 ha. 

2. Pesawat Sedang Bersiap untuk Mendarat

Info: Bandara Kertajati mampu menampung penumpang sebanyak 18 juta orang per tahun. Pada tahap pertama baru bisa menampung 5 sampai 8 juta orang per tahun. 

3. Pesawat jenis Beechcraft King Air B350- i milik Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Menjadi Pesawat Pertama yang Mendarat di Bandara Kertajati

Info: Telah ada 14 rute penerbangan dijadwalkan berjalan di bandara ini. 

4. Panorama Gunung Ciremai di Depan Landasan Pacu 

Landasan pacu Bandara Kertajati juga akan dinobatkan sebagai bandara yang memiliki landasan pacu terpancang kedua di Indonesia.

5. Lift dalam Bandara Kertajati

Info: Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memastikan bahwa Bandara Kertajati Jawa Barat siap melayani penerbangan haji, warga Jawa Barat yang ingin menunaikan haji tidak perlu menuju Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Bandara ini juga siap melayani masyarakat untuk mudik. 

6. Air Traffic Control (ATC) Bandara Kertajati

7. Isi Bandara Kertajati

Info: Bandara Kertajati mulai beroperasi pada Juni 2018. Saat ini sedang dalam tahap penyelesaian, sudah rampung 90%.

Suka menjelajah pantai dan perbukitan, termasuk naik pohon. Menyelesaikan kuliah fakultas Bisnis di Yogyakarta.