Awalnya Gagal Mengembangkan Objek Wisata Bunga di Jogja, Sekarang Ia Sukses dengan Wisata Kebun Bunga Celosia

Foto: Tribun Jogja

Sekarang tak perlu jauh-jauh ke Belanda untuk menikmati hamparan bunga berwarna-warni, Anda dapat menikmatinya di Jogja.

Sekarang terdapat Taman Bunga Celosia di Gunungkidul, tepatnya terletak di Nglaos, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Yogyakarta.

Bunga Celosia dengan nama latin Celosia Plumosa dikenal sebagai bunga pengungkap cinta sebab memiliki warna cerah dan nampak indah.

Pemilik kebun bernama Eko Hardiyanto harus mengeluarkan dana hingga jutaan rupiah hanya untuk membeli bibit Bunga Celosia.

Eko mengatakan bahwa sudah lama ia memiliki ide membuat taman bunga dan pertamanya ia membuat taman Bunga Matahari.

Taman Bunga Matahari yang ia tanam banyak yang mati padahal telah menghabiskan banyak dana, sehingga gagal.

Kepada Tribun Jogja (11/5/2018), Eko mengaku bahwa taman Bunga Matahari menghabiskan dana 5 juta, tak berapa lama bunga itu mati.

Kegagalan itu lantas tidak membuatnya menyerah.

Dengan bantuan internet yang mudah diakses, ia mencari informasi mengenai bunga yang dapat hidup pada area yang kandungan airnya sedikit dan area berbatu, ia kemudian menemukan Bunga Celosia.

Eko memperoleh bibit Celosia dari Bantul, Yogyakarta dan mengeluarkan 9 juta rupiah untuk 3 ribu bibit.

Membuka objek wisata taman Bunga Celosia saat libur lebaran telah ia rencanakan.

Lokasi taman yang strategis di pinggir jalan membuat banyak wisatawan singgah untuk menikmati taman bunga milik Eko dan mengambil foto.

Tidak mahal untuk berfoto, Eko mengenakan tarif 5 ribu rupiah saja kepada pengunjung yang berfoto. 5 ribu rupiah tersebut sudah termasuk biaya parkir.

Suka menjelajah pantai dan perbukitan, termasuk naik pohon. Menyelesaikan kuliah fakultas Bisnis di Yogyakarta.