Bandara Internasional Juanda Surabaya sekali Lagi Mengalahkan Changi Singapura Terkait Ketepatan Waktu, Sekaligus Paling Tepat Waktu di Asia Tenggara

Foto: Kompas Travel

Perusahaan perjalanan udara OAG yang berpusat di Inggris kembali menobatkan Bandara Internasional Juanda Surabaya sebagai bandara paling tepat waktu se Asia Tenggara berdasarkan hasil penelitian yang mereka lakukan.

Hasil penelitian independen tersebut diterbitkan dalam sebuah Laporan ORT Ozon Flightview OPP April dan Mei 2018.  

Berdasarkan hasil penelitian OAG, Bandara Internasional Juanda Surabaya mencatat waktu paling tepat di wilayah Asia Tenggara, selama bulan April dan Mei 2018.

Hasil itu memperlihatkan Bandara Internasional Juanda melayani penerbangan lebih dari 3.000 dalam sebulan yang mengalahkan Changi Singapura.

Dibandingkan dengan Bandara Changi Singapura, tercatat Ketepatan Waktu (OTP) Bandara Internasional Juanda berada di 95,5% di bulan April, sedangkan bandara yang berbasis di Singapura berada di 87,1%.

Kemudian, pada bulan Mei 2018, ketepatan waktu Bandara Internasional Juanda Surabaya berada di 94,8%.

Kinerja ketepatan waktu mengacu pada catatan kedatangan serta keberangkata dalam batas waktu 15 menit dari waktu yang sudah dijadwalkan.

Dalam siaran pers Direktur PT Angkasa Pura 1 (Persero), Faik Fahmi, mengatakan, “Kinerja tepat waktu adalah salah satu tolok ukur terpenting dalam industri penerbangan global. Pengakuan internasional ini dicapai dengan dukungan dari setiap pemangku kepentingan, seperti maskapai penerbangan, AirNav Indonesia, Angkatan Laut Indonesia, penyedia layanan groundhandling dan penumpang,” (Kompas Travel, 24/6/2018).

Pada tahun 2016, Bandara Internasional Juanda pernah menyandang predikat bandara paling tepat waktu di dunia.

Dalam kuartal pertama 2018, Bandara Internasional Juanda melayani penumpang sebanyak 4,9 juta, meningkat dari 4,6 juta penumpang pada tahun 2017.

Suka menjelajah pantai dan perbukitan, termasuk naik pohon. Menyelesaikan kuliah fakultas Bisnis di Yogyakarta.