6 Objek Wisata Indonesia di Billboard Asian Games 2018, Terkesima Melihat Hasilnya

Dua hari yang lalu, saya membaca sebuah artikel di Detik.com mengenai Billboard Asian Games 2018, saya terkesima melihat billboard tersebut, unsur budaya yang ditampilkan selaras dan berhasil menunjukkan berbagai budaya di Asia dengan sempurna, terutama, billboard tersebut menampilkan enam seri objek wisata di Indonesia sebagai latarnya.

Alasan kemunculan 6 objek wisata di billboard Asian Games 2018 kata anggota Creative Center of Communication Department – INASGOC, Ade Irawan adalah untuk menyambut bangsa-bangsa Asia datang ke pehelatan akbar pesta olahraga terbesar kedua di Asia. Kita gunakan momen ini untuk mengenalkan wajah-wajah Asia ke masyarakat (Kompas Travel, 22/7/2018).

Nurulita Adriani Rahayu dipercaya sebagai fotografer untuk pembuatan billboard pertandingan olahraga se-Asia tersebut.

Tidak mudah bagi Nurulita mempersiapkan desain billboard, ia sempat bertemu dengan berbagai tantangan, seperti mencari penata gaya yang ingin berkomitmen penuh untuk proyek besar tersebut. Akibat konsepnya yang agak berat, tiga fashion stylist mengundurkan diri.

Berikut keenam billboard tersebut,

1. Pantai Gigi Hiu, Kelumbangan, Lampung

Billboard ini menampilkan keindahan kain sutra aksesoris pom-pom, dan baju-baju dengan layering yang berukuran besar yang semakin menguatkan tema khas Mongolia.

Latar billboard tersebut menunjukkan Pantai Gigi Hiu. Pantai Gigi Hiu terkenal dengan gugusan batu karang lancip, tertata alami yang begitu fotogenik.

2. Pura Ulun Danu Beratan, Bedugul, Bali

Dengan mengenakan kera tinggi yang khas dan diselaraskan dengan motif naga, rambut model dibuat seperti gaya kuno para kaisar China di jaman dahulu.

Pura Ulun Danu Beratan yang menjadi latar merupkan candi air besar di Bali, candi itu digunakan sebagai upacara persembahan untuk Dewi-Dewi Danu, yaitu Dewi Air, Danau, dan Sungai.

3. Tana Toraja, Sulawesi Selatan

Tana Toraja dikenal dengan budaya serta adat yang kuat. Tana Toraja adalah salah satu tempat konservasi peradaban budaya Proto Melayu Austronesia yang masih terjaga.

Billboard memamerkan keindahan alam Toraja berupa pegunungan, persawahan, dan rumah adat Tongkonan.

4. Borobudur, Magelang, Jawa Timur

Candi Borobudur adalah situs warisan dunia yang terdaftar di UNESCO. Candi ini memiliki 1.212 relief dekoratis serta 1.460 relief kisah Buddha.

Borobudur menyediakan homestay bagi turis yang ingin tinggal dekat dengan cagar budaya dunia tersebut.

5. Pulau Padar, Taman Nasional Komodo, NTT

Pulau Padar merupakan pulau terbesar ketiga yang terletak di Kawasan Taman Nasional Komodo.

Pulau Padar menawarkan latar belakang teluk yang mempesona dengan ciri khas topografi berundak-undak yang eksotis.  

6. Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat

Gunung Rinjani menjadi geopark dunia dalam sidang UNESCO Executive Board. Gunung ini juga adalah bagian dari tujuh gunung tertinggi di Indonesia (7 summits of Indonesia).

 

Suka menjelajah pantai dan perbukitan, termasuk naik pohon. Menyelesaikan kuliah fakultas Bisnis di Yogyakarta.