Hogweed, Tanaman yang Menyebabkan Luka Bakar Tingkat 3 dan Kebutaan Permanen

Foto: People

Saat kita banyak beraktivitas di kota karena tuntutan pekerjaan, di waktu senggang kita butuh ketenangan dengan memanjakan diri di tempat yang tidak seramai kota. Caranya dengan pergi ke agrowisata atau wisata hutan lindung. Selama kita berjalan di hutan lindung kita perlu memperhatikan tanaman dalam hutan sebab bisa saja terdapat tanaman berbahaya seperti Hogweed.

Getah Tanaman Hogweed Mengakibatkan Luka Bakar Serius Tingkat 2 Dan 3

Foto: People

Baru-baru ini, seorang remaja bernama Alex Childress berusia 17 tahun dari Virgina, Amerika mengalami luka serius tingkat  2 dan 3 akibat terkena getah tanaman Hogweed.

Alex secara tidak sengaja menyentuh Hogweed saat sedang memotong rumput yang tinggi.

Alex menuturkan, “Saya sedang memotong rumput tinggi, kemudian mengusap wajah saya dan tidak terlalu peduli karena itu sudah biasa.”

Awalnya, ia mengira bahwa mengalami iritasi karena sinar matahari yang saat itu sedang terik. Sesampainya di rumah, ia mendapati kulitnya telah terkelupas.

Foto: People

“Sewaktu mandi, air panas mengenai wajah saya dan kulit mulai mengelupas, bagian kulit itu cukup besar, Ibu saya melihatnya dan mengatakan bahwa saya mengalami luka bakar tingkat tiga,” ungkap Alex.

Alex melanjutkan, “Kemudian Ibu saya memperlihatkan gambar Hogweed dan saya langsung mengenali kalau tanaman itu memang sama dengan tanaman yang telah saya tebang.”

Getah Tanaman Hogweed Bereaksi Cukup Cepat, Bisa Menyebabkan Kebutaan

Foto: People

 Getah Hogweed ketika mengenai kulit bereaksi cukup cepat dalam waktu 15 menit dan dalam tempo 48 jam kulit melepuh. Getah Hogweed juga bisa menyebabkan kebutaan permanen, untungnya getah Hogweed tidak mengenai mata Alex.

Beruntung Alex memperoleh perawatan segera dan lukanya menjadi pulih.  

Daerah Hogweed Bertumbuh

Foto: Sciencealert

Saya mencari informasi apakah Hogweed tumbuh di Indonesia, hasilnya saya tak menemukan artikel yang menuliskan bahwa tanaman Hogweed tumbuh di Indonesia. 

Hogweed bertumbuh di daerah Kaukasus yaitu di Eropa Timur dan Asia Barat diantara Laut Hitam, beserta dan Laut Kaspia. Tanaman tersebut juga tumbuh di Amerika dan Inggris.

Suka menjelajah pantai dan perbukitan, termasuk naik pohon. Menyelesaikan kuliah fakultas Bisnis di Yogyakarta.