Wow, Museum MACAN Jadi 100 Tempat Terbaik Dunia Versi TIME, Padahal Baru Buka pada November 2017

Foto: Time.com

Tidak hanya dalam dunia olahraga, dimana atlet-atlet kita yang berlaga di Asian Games membanggakan dengan berhasil memperoleh emas, dalam dunia pariwisatapun sejak dari dulu Indonesia membanggakan, Indonesia menjadi tempat favorit turis lokal maupun mancanegara untuk berlibur. Salah satunya dengan mengunjungi Museum of Modern and Contemporary Art in Indonesia (MACAN) yang masuk dalam daftar 100 tempat terbaik dunia tahun 2018 versi TIME. Membanggakan bukan?

TIME dalam laman resminya pada 25 Agustus 2018, Menempatkan Museum MACAN, Jakarta, Indonesia di urutan ke-8 untuk tempat terbaik dunia tahun 2018.

Foto: Time.com

Museum MACAN sendiri belum genap setahun diresmikan, baru diresmikan pada November 2017.

Tempat terbaik dunia berasal dari 48 negara dinilai berdasarkan kategori tertentu, diantaranya, museum, taman hiburan, restoran, hotel, bar, dan kapal pesiar.

Berdasarkan informasi yang ditulis di laman TIME, TIME melibatkan editor dan koresponen mereka dari seluruh dunia untuk memutuskan tempat-tempat yang layak masuk dalam daftar tempat terbaik.

Setelah seluruh nominasi berhasil dikumpulkan, TIME kemudian menyeleksi satu per satu berdasarkan kualitas, orisinalitas, inovasi, keberlanjutan dan pengaruhnya kepada masyarakat.

Suyin Haynes dari TIME menuliskan, “Karya seni modern Indonesia yang terkenal indah akhirnya memiliki rumah yang layak. Museum MACAN, gabungan dari seni modern dan kontemporer Nusantara yang tersebar ditempat seluas 43 ribu kaki persegi, menampilkan karya-karya seniman lokal, seperti Tisna Sanjaya, ahli kayu Gatot Indrajati, salah satu ikon terkenal lainnya, seperti Yayoi Kusama dari Jepang dan Ai Weiwei dari China.”

Untuk mengetahui 100 tempat terbaik di dunia lainnya di situs resmi TIME, baca disini.

Mengenai Museum MACAN Jakarta, berikut adalah 5 informasi yang sering dicari oleh wisatawan,

Berapa harga tiket Museum Macan?

Dewasa                                Rp 100.000,-

Anak                                      Rp 80.000,-

Pelajar dan lansia Rp 90.000,-    

Museum Macan dimana?

Alamat: AKR Tower Level MM Jalan Panjang No. 5 Kebon Jeruk Jakarta Barat 11530

Instagram Museum MACAN

Akun resmi Instagram Museum MACAN adalah Instagram.com/museummacan

Jam berapa Museum MACAN buka?

Selasa-Minggu pukul 10.00-20.00 WIB

Peraturan di Museum MACAN

Harap menjaga volume suara ketika berada di Museum, jangan tersinggung apabila staf museum menegur Anda, staf hanya ingin menjaga kenyamanan pengunjung.

Hanya kamera smartphone yang diijinkan di Museum MACAN, Harap menjaga jarak ketika mengambil foto karya seni, dilarang memakai flash saat mengambil foto. Hargai pengunjung disekitar Anda dengan tidak menghalangi pandangan Anda serta jaga kenyamanan bersama. 

Dilarang menyentuh karya seni. Alasan pelarangan ini sebab pada tangan dan jari terdapat minyak serta kotoran yang dapat bereaksi buruk pada permukaan karya seni dan menyebabkan kerusakan permanen. Anda juga dapat menyebabkan kerusakan yang tidak disengaja, seperti menggores atau memecahkan karya seni, oleh sebab itu, jagalah jarak Anda dengan karya seni di Museum MACAN. 

Suka menjelajah pantai dan perbukitan, termasuk naik pohon. Menyelesaikan kuliah fakultas Bisnis di Yogyakarta.