Penggunaan Air Conditioner (AC) untuk Menyejukkan Ruangan

Foto: Samsung.com

Air Conditioner atau akrab disebut AC adalah barang elektronik yang mengubah udara sekitar menjadi hembusan udara yang lebih dingin atau panas dengan bantuan zat kimia Freon yang diberikan ke dalam mesin.

Jenis AC sangatlah bervariasi, mulai dari AC sentral yang biasa dipakai di pusat perbelanjaan, AC split yang dipakai untuk penggunaan rumah, dan AC portable yang menggunakan roda di bagian bawah agar dapat dipindahkan setiap saat.

AC sentral merupakan contoh penggunaan AC untuk tempat yang luas. Antara AC satu dengan yang lain dihubungkan dengan pipa besar dibalik atap plafon sehingga tidak terlihat secara kasat mata.

Untuk blower atau bagian lain dari AC yang membuang udara panas berada di satu tempat terpusat yang bisa mencakup hingga belasan blower pada satu tempat itu sendiri.

Kelemahan dari penggunaan AC sentral ini adalah pada saat terjadi kerusakan pada salah satu AC, maka akan berdampak banyak hingga ke AC lainnya dalam gedung yang sama dan dalam lingkup satu sentral.

AC portable biasa digunakan untuk acara-acara event besar seperti pernikahan, konser, dan lain-lain yang melibatkan satu ruangan besar.

Harga AC portable yang lumayan mahal jika dibandingkan dengan AC split biasa, menjadikan peminat dari AC portable tidaklah sebanyak AC split. Selain itu, AC portable juga cenderung menghasilkan dingin yang kurang merata untuk satu ruangan besar.

Memang hanya kalangan tertentu yang menaruh minat pada AC portable dalam penggunaan sehari hari, seperti Event Organizer misalnya, membutuhkan AC yang dapat mendinginkan ruangan event mereka dengan cepat tanpa harus repot melakukan bongkar pasang di tempat.

Untuk penggunaan rumah, AC split tetap menjadi juaranya. Pengguna AC split selalu terpuaskan dengan hasil yang didapatkan dari AC dengan dua bagian ini. Bagian indoor adalah AC yang bisa menghasilkan udara dingin, sedangkan bagian outdoor adalah blower yang membuang udara sisa dari AC.

Harga yang ditawarkan untuk AC split juga cukup terjangkau, karena perusahaan AC sudah menyeimbangkan antara biaya produksi dengan kebutuhan pelanggan. Penggunaan rental genset dan maintenance genset juga selalu tersedia apabila bagian kelistrikan dari produksi terganggu.

Pesan yang bermanfaat dari klien Menginspirasi.com. Untuk beriklan, hubungi saya di menginspirasicom@gmail.com atau WhatsApp: 085242411113