Selat yang Menghubungkan Pulau Bangka dan Belitung

Foto: Jelajahpulau.com

Selat yang menghubungkan Pulau Bangka dan Belitung adalah Selat Gaspar. Selat Gaspar memiliki kedalaman 200  meter dimana selat ini merupakan bagian dari dangkalan Sunda.

Selat Gaspar memiliki pulau-pulau kecil dengan pemandangan bahari yang menakjubkan, sehingga selat ini dikenal sebagai salah satu selat yang paling terkenal di Provinsi Kepuluan Bangka Belitung.

Pulau-pulau kecil itu membentang dengan ciamik dari sisi barat Pulau Belitung hingga ke sisi timur Pulau Bangka. Terbentuklah tiga kecamatan dari pulau-pulau tersebut, yakni Kepulauan Pongok dan Kecamatan Lepor Pongok yang masuk wilayah Kabupaten Bangka Selatan, serta Kecamatan Selat Nasik yang berada di wilayah Kabupaten Belitung.

Terlihat jelas dari udara, lautan Selat Gaspar menonjolkan terumbu karang yang mengitarinya.   

Salah satu pulau kecil yang berada di Selat Gaspar adalah Pulau Mendanau, didalamnya terdapat rumah penduduk, sekaligus berguna sebagai homestay di pulau yang cantik dan eksotis itu.  

Homestay berada di Desa Suak Gual. 10 homestay siap menyambut wisatawan yang seluruhnya dikelola oleh warga desa.

Untuk menginap, tarif per malam mulai dari Rp 120.000, biaya itu sudah termasuk fasilitas dan makan pagi.

Untuk perjalanan darat hingga ke semua desa di Mendanau, turis dapat menikmati aspal mulus.

Destinasi di Pulau Mendanau cukup beragam, seperti hutan hujan yang padat, pantai berpasir putih, bebatuan granik unik sampai budaya yang unik, misalnya Tari Campak Laut dan Darat.

Daya tarik lainnya ada di taman laut Selat Gaspar memiliki banyak lumba-lumba.  

Suka menjelajah pantai dan perbukitan, termasuk naik pohon. Menyelesaikan kuliah fakultas Bisnis di Yogyakarta.