Cara Tepat Memasang Generator Portabel ke Rumah

Foto: Survival-mastery.com

Generator portabel merupakan perangkat instalasi listrik darurat yang dapat digunakan saat sumber listrik utama padam. Tenaga listrik darurat ini dapat digunakan untuk menghidupkan alat elektronik rumah tangga namun.

Mengenai generator, apakah Anda termasuk yang sering menggunakan generator? Nah, berikut merupakan cara tepat memasang generator portabel di rumah.

1. Letakkan Generator Portabel Jauh dari Rumah

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah meletakkan generator kelistrikan jauh dari rumah dengan menyesuaikan  panjang kabel yang hendak digunakan. Hal ini dirasa perlu untuk mencegah kebakaran dalam rumah apabila terjadi kerusakan pada generator. Selain itu, hal ini juga bertujuan untuk menghindari racun karbon monoksida dari gas buangan generator yang sangat berbahaya.

2. Colokan Generator Stop Kontak yang Sudah Terpasang

Langkah kedua yang harus Anda lakukan adalah mencolok generator pada stop kontak yang sudah tersedia sebelumnya. Hal yang perlu Anda perhatikan adalah menyesuaikan lubang kabel generator dengan porong stop kontak. Anda dapat memutar sambungan sampai 15 derajat agar dapat tersambung dengan sempurna.

3. Colokkan Kabel Genset ke Generator

Langkah ketiga yang perlu Anda lakukan adalah dengan mencolokkan kabel genset ke generator kelistrikan. Pada umumnya, generator memiliki kabel bawaan yang berfungsi untuk menyambungkan genset dengan rumah. Anda hanya perlu mencolokkan kabel generator kemudian memilih tegangan yang dinginkan sesuai dengan kebutuhan. 

4. Mengecek Mesin

Langkah terpenting yang perlu Anda lakukan adalah mengecek mesin. Pastikan bahwa posisi katup mesin terpasang dengan sempurna. Selain itu, pastikan juga bahwa bahan bakar perangkat instalasi listrik memiliki cadangan yang cukup. Jika memungkinkan, Anda perlu memanaskan mesin terlebih dahulu, sebelum digunakan menggunakan busi pijar.

5. Menghidupkan Mesin

Langkah ke-5 yang harus Anda lakukan adalah menghidupkan mesin generator kelistrikan. Hidupkan mesin generator sesuai dengan instruksi pabrik pembuat mesin generator. Setelah itu, hidupkan sistemnya. bukalah kotak sirkuit pada generator kemudian matikan saluran utilitas pada genset dan generator siap untuk digunakan.

6. Hidupkan Pemutus Sirkuitnya

Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan setelah selesai menggunakan generator adalah memutuskan sirkuitnya. Hidupkan pemutus sirkuit pada sistem generator yang Anda pasang. Anda hanya perlu menghidupkan muatan satu per satu yang bertujuan untuk mengembalikan daya listrik utilitasnya. Balik urutan langkah di atas untuk mengembalikan listrik utilitas pada generator.

Nah, di atas merupakan tips aman menyambungkan generator portabel ke rumah. Tidak bisa dipungkiri, penggunaan generator pada perangkat instalasi listrik memang memiliki banyak manfaat. Yuk segera kunjungi Sewatama sebagai solusi masalah kelistrikan Anda khususnya untuk industri.

Pesan yang bermanfaat dari klien Menginspirasi.com. Untuk beriklan, hubungi saya di menginspirasicom@gmail.com atau WhatsApp: 085242411113