Panjang Garis Pantai Indonesia Tahun 2018 Mencapai 108.000 Km, Sebelumnya 99.093 Km

 

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dengan melibatkan Badan Informasi Geo Spasial (BIG) dan Pusat Hidrografi dan Oseanografi (Pushidros) TNI Angkatan Laut menunjukkan bahwa panjang garis pantai Indonesia tahun 2018 adalah 108.000 Km.

Panjang garis pantai Indonesia, 108.000 Km, membuat garis pantai kita terpanjang nomor dua di dunia. Garis pantai terpanjang di dunia ada di Kanada sepanjang 202.080 km.

Riset yang telah dilakukan berjalan selama tiga tahun, dikerjakan sejak tahun 2015.

Luhut Binsar Pandjaitan selaku Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman mengungkapkan, dalam pembaruan data, timĀ  menggunakan data terbaik dan menggunakan metode teknis termutahir. Itu dilakukan supaya data rujukan yang dihasilkan adalah data yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat Indonesia dan dunia (Mongabay, 2/9/2018).

Luhut mengingatkan, data yang valid adalah kebutuhan yang tidak bisa ditunda lagi. Data valid berguna untuk pengembangan ekonomi nasional, terutama untuk Kawasan laut Indonesia.

Sementara itu, sebelumnya panjang garis pantai Indonesia adalah 99.093 km pada tahun 2013 berdasarkan Teknik pemetaan Tim Kerja Pembakuan Nama Pulau, Perhitungan Garis Pantai dan Luas Wilayah Indonesia oleh Informasi Geo Spasial (BIG).

Tidak mengherankan, dengan garis pantai yang begitu panjang membuat Indonesia memiliki potensi sumber daya pesisir yang sangat besar di berbagai sektor, seperti perikanan, energi, pariwisata dan lainnya yang bermanfaat untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Suka menjelajah pantai dan perbukitan, termasuk naik pohon. Menyelesaikan kuliah fakultas Bisnis di Yogyakarta.