Selamat Tinggal Facebook

Foto: Dreamstime

Sesungguhnya saya tidak bisa meninggalkan sosial media biru, Facebook, akan tetapi untuk kolom komentar Facebook di Menginspirasi.com saya ucapkan selamat tinggal. 

Saya memasang kolom komentar Facebook di blog semenjak domain Menginspirasi.com terdaftar. Bisa dikatakan 5 tahun lebih kolom komentar Facebook saya pasang, kemudian hari ini saya menghapusnya.  

Saya menghapus kolom komentar Facebook di Menginspirasi.com sebab kolom komentar Facebook kurang bekerja dengan baik di blog, alasan utamanya adalah komentar pembaca yang banyak terhapus sendiri, saya sudah berulang-ulang mengecek di Facebook App komentar yang kiranya tersimpan di database Facebook, sayangnya menghilang. 

Bisa jadi Anda adalah salah satu orang yang pernah berkomentar di blog ini menggunakan akun Facebook dan kemudian kembali, mendapati komentar Anda terhapus. 

Saya tetap menggunakan sosial media Facebook untuk berinteraksi dengan kerabat dan orang lain, saya hanya menghapus kolom komentar Facebook. Facebook adalah sosial media primadona untuk mendatangkan pembaca ke blog. 

Selain itu, saya kurang paham meletakkan koding Facebook di blog agar template blog Menginspirasi.com dapat memunculkan jumlah komentar di halaman depan. 

Perkenalkan Kolom Komentar Disqus

Dengan berkomentar menggunakan Disqus, halaman depan blog dapat memperlihatkan jumlah komentar, misalnya ‘0 komentar,’ atau ‘1 komentar.’

Agar Anda dapat berkomentar dengan lancar, Anda tinggal menghubungkan sosial media Anda seperti Facebook atau Twitter dengan Disqus. 

Sekarang, Anda juga dapat menanggapi setiap tulisan dengan berbagai emotion, Anda tinggal mengklik emotion yang diinginkan.  

Demikian, selamat berkomentar. 

 

Suka menjelajah pantai dan perbukitan, termasuk naik pohon. Menyelesaikan kuliah fakultas Bisnis di Yogyakarta.